Ambon (Antara Maluku) - Wakil Gubernur Maluku Etty Sahuburua mengingatkan para wasit dan hakim untuk menjaga netralitas saat bertugas pada kejuaraan tinju terbuka elit Piala Gubernur Maluku di Kota Ambon, 19-26 Januari 2015.

"Wasit dan hakim harus objektif dan menjunjung tinggi profesionalismenya serta netral saat memimpin pertandingan, sehingga kejuaraan ini berkualitas," katanya saat menggelar jamuan makan bersama para petinju, pelatih yang akan mengikuti kejuaraan tersebut, di Ambon, Minggu malam.

Menurutnya, netralitas akan berdampak besar bagi para petinju untuk mengukur kualitas, dan pelatih maupun pengurus masing-masing organisasi juga dapat mengukur kualitas pembinaan yang diterapkan selama ini.

Wagub Etty juga mengingatkan para petinju yang akan berlaga pada event tahunan yang digelar Pengurus Provinsi (Pengprov) Pertina Maluku tersebut untuk bertanding dengan kemampuan yang dimiliki serta menjunjung tinggi sportivitas.

"Bertarunglah dengan sportivitas tinggi serta jadilah satria diatas dan di luar ring sesuai motto Pertina, di samping menjalin kebersamaan dan persaudaraan antarpara petinju dari daerah lainnya," katanya.

Pengprov Maluku, tegas Wagub Etty mendukung penyelenggaraan event yang akan dibuka Ketua Umum Pengurus Besar (PB) Pertina A Reza Ali tersebut secara optimal dalam rangka menggairahkan pembinaan olah raga di provinsi tersebut.

Apalagi tandasnya, tinju merupakan salah satu cabang olah raga prioritas utama dalam pembinaan prestasi yang diprogramkan Koni Maluku dalam rangka mengangkat nama daerah ini di berbagai event nasional maupun internasional.

Wagub berharap cabang tinju mampu mendukung target Koni dan pemprov Maluku pada PON XIX di Jawa Barat pada 2016 dengan target masuk 20 besar.

Jamuan makan bersama tersebut juga dimeriahkan dengan acara hiburan, di mana para petinju dari masing-masing daerah diundang tampil bernyanyi, disaksikan Ketua Umum Pengprov Pertina Maluku Sam Latuconsina dan Wagub Etty Sahuburua.

Sam Latuconsina yang juga Wakil Wali Kota Ambon menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemprov Maluku yang diterima oleh Wagub Etty Sahuburua.

Kejuaraan tinju terbuka memperebutkan piala Gubernur Maluku diikuti 222 petinju dari 39 pengprov serta Pengurus kabupaten (pengkab) dan pengurus kota (pengkot), terdiri dari 180 putra dan 42 putri.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015