Padang (Antara Maluku) - Sejumlah film sejarah Indonesia pada masa perjuangan kemerdekaan seperti kisah Perjanjian Meja Bundar, Perjanjian Renville, Perjanjian Linggar Jati akan diputar dalam Pameran Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia di Istana Bung Hatta Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat 6 Februari 2015.

Ketua panitia pameran, Kama Sudra Syafiie, di Padang, Rabu, mengatakan film asli tentang pembentukan tentara PETA, Romusha dan film Bung Karno saat berpidato pertama kali setelah dibebaskan Belanda pasca-PDRI pun akan diputar.

Menurut dia, sekitar 100 foto perjuangan juga akan dipamerkan dalam pameran yang rencananya akan dibuka oleh Ketua DPD RI Irman Gusman.

Menurut dia, sejarah bangsa, termasuk sejarah tentang PDRI, penting untuk diketahui oleh generasi muda untuk memupuk rasa nasionalisme.

"Ini salah satu tujuan kita menggelar pameran sejarah perjuangan, bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar," kata dia.

Wakil Gubernur Sumbar, Muslim Kasim saat dihubungi di Padang, mengatakan Pemprov Sumbar mendukung penuh pelaksanaan Pameran Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia tersebut.

Pewarta: Hamriadi

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015