Ambon (Antara Maluku) - Empat petinju Maluku bertekad membela Indonesia di Sea Games XXVIII Singapura pada Juni 2015, dengan mengukir prestasi terbaik di kejuaraan piala Presiden di Palembang, Sumatera Selatan pada 19 - 25 Mei.

Pelatih Pelatnas asal Pengprov Pertina Maluku, Agus Titaley, dihubungi dari Ambon, Jumat, mengatakan, tekad itu disampaikan keempat petinju yang sedang mempersiapkan diri berlaga di kejuaraan piala Presiden.

Mereka adalah Loudewik Batlayery yang berlaga di kelas 69 Kg, Ralin Lumoly (56Kg) dan Ester Kalayukin (54kg) yang masuk tim-2, sedangkan Steven Kastanya (52kg) di tim-3.

Ester di Sea Games XXVII berhasil meraih medali perak di kelas 60 Kg.

"Jadi para petinju tekun menjalani latihan diprogram para pelatih di Pelatnas agar berhasil mengukir prestasi terbaik di piala Presiden sehingga dipercayakan membela Indonesia di Sea Games XXVIII," ujarnya.

Agus intensif memotivasi keempat peginju tersebut karena dengan torehan prestasi tidak saja mengharumkan nama Indonesia, namun Maluku secara khusus.

Ester dan kawan-kawan juga akan membela Maluku di Pra PON XIX yang tempat maupun lokasi pertandingannya belum diputuskan PB Pertina.

Ketua Pengprov Pertina Maluku, Sam Latuconsina mengapresiasi keempat petinju itu dipanggil PB Pertina untuk menjalani Pelatnas persiapan ke piala Presiden.

"Kami menyambut baik pemanggilan keempat petinju tersebut yang memang merupakan bagian dari program Pengprov Pertina Maluku periode 2014 - 2018 untuk menelorkan sejumlah atlet berprestasi, baik nasional maupun Internasional," ujarnya.

Dia mengakui hasil Mukerda Pengprov Pertina Maluku di Ambon pada 23 Juni 2014 juga diprogramkan untuk mengintensifkan sejumlah kejuaraan.

"Kami sukses menyelenggarakan kejuaraan terbuka piala Gubernur Maluku, Said Assagaff di Ambon pada 19 - 26 Januari 2015 yang dimanfaatkan sebagai ajang seleksi untuk menjaring petinju guna diterjunkan di event Kejurnas sekaligus Pra PON XIX," kata Pieter.

Pengprov Pertina Maluku juga siap menyelenggarakan Pra PON XIX di Ambon untuk wilayah Indonesia Timur dijadwalkan pada Oktober atau November 2015.

Event ini mendapatkan rekomendasi Gubernur Maluku Said Assagaff, Ketua DPRD Edwin Huwae, dan KONI setempat.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015