Ambon (Antara Maluku) - Sebanyak 66 kota telah terdaftar mengikuti Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dan Indonesia City Expo (IEC) pada 6-10 Mei 2015 di Kota Ambon.

"Sampai dengan akhir Maret 2015 sebanyak 66 kota dari 97 yang tergabung dalam Apeksi telah terdaftar mengikuti Rakernas Apeksi dan ICE di Ambon," kata Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy di Ambon, Selasa.

Menurut dia, penetapan Ambon sebagai tuan rumah kegiatan dilakukan setelah Rakernas Apeksi di Dumai Sumatera tahun 2014.

"sebagai tuan rumah kita terus melakukan koordinasi dengan semua Pemkot di Indonesia karena dari 97 kota sebagai peserta Apeksi, baru 66 kota saja yang mendaftar," katanya.

Richard mengatakan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan kota lainnya. Diharapkan seluruh kota bisa menghadiri kegiatan tersebut.

"Kami terus berkoordinasi hingga akhir April mendatang sebelum dilakukan evaluasi dan persiapan akhir," ujarnya.

Ia menjelaskan, pihaknya siap menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan nasional. Berbagai persiapan telah dilakukan yakni penyiapan sarana dan fasilitas pendukung seperti akomodasi para peserta.

"Kota Ambon siap menjadi tuan rumah dari segi sarana dan prasarana memang sudah cukup memadai untuk mengelar sebuah even nasional," katanya.

Dia mengakui, pelaksanaan Rakernas Apeksi merupakan pembuktian Ambon sudah aman untuk dikunjungi sekaligus memberikan dampak positif bagi sektor ekonomi dan sosial," katanya.

Kegiatan ini juga lanjutnya, diharapkan dapat menjadi sarana pemulihan kondisi Ambon untuk kembali mendapat kepercayaan secara Nasional dan internasional.

"Pendapat masyarakat luar Ambon masih belum aman untuk dikunjungi dan dilakukan investasi, tetapi kami berupaya mengembalikan keindahan dan kedamaian di kota ini melalui pelaksanaan kegiatan berskala nasional," ucapnya.

Richard menambahkan, masyarakat Ambon akan menikmati dampak dari pelaksanaan kegiatan nasional, karena secara tidak langsung pertumbuhan ekonomi akan berkembang.

"Bukan saja pertumbuhan ekonomi tetapi di sektor lain juga kan ikut berkembang, hal ini menandakan Ambon siap menjadi salah satu kota tujuan investasi," ujarnya. 

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015