Ternate (Antara Maluku) - Wakil Gubernur (Wagub) Maluku Utara (Malut), Muhammad Natsir Thaib meminta seluruh kader malaria di Malut untuk mendukung program pemda, terutama dalam menurunkan angka kematian akibat penyakit malaria.

"Kehadiran kader malaria ini sangat membantu program pemerintah, sehingga harus diberikan dukungan," kata Wagub Malut Muhammad Natsir Thaib saat membuka Jambore PLA Malaria ke II tingkat Provinsi Malut tahun 2015 di Halmahera Timur, Kamis.

Kegiatan yang dihadiri 522 peserta kader Malaria berlangsung 21-24 April 2015, mengusung tema bebas malaria dari desa menuju Indonesia sehat sebagai bentuk tindak lanjut program pemerintah pusat untuk memberantas Malaria sekaligus menyambut Hari Malaria Sedunia Ke 8 Tahun 2015.

Dia mengatakan, Jambore dilaksanakan sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan kepada kader yang telah bekerja dan berhasil menurunkan angka pesakitan dan kematian yang disebabkan oleh penyakit Malaria dan mencegah kematian Ibu dan Anak serta meningkatkan cakupan imunisasi di Provinsi Malut.

Wagub berharap adanya kesamaan gerak dari seluruh pemerintah daerah dan kader desa untuk memberantas malaria dari bumi Indonesia dan terbebas dari penularan dari 1 per 1.000 penduduk pada tahun 2015 secara bertahap hingga tahun 2030 akan lebih mudah dicapai.

Oleh karena itu, dirinya menyatakan Pemprov Malut sangat memberi apresiasi kepada kader Malaria Desa yang masih didominasi kaum perempuan.

Dia berharap dengan semangat Hari Kartini yang bertepatan dengan pembukaan Jambore PLA Malaria, kader akan tetap semangat untuk melaksanakan tugas mulia ini demi menciptakan generasi yang sehat dan terbebas dari Malaria.

Selain membuka kegiatan jambore, wakil gubernur juga melaksanakan penetesan Vaksin Polio sebagai gerakan awal dilaksanakannya imunisasi sepekan secara serentak 24-30 April nanti. Sementara, ketua Tim Penggerak PPK, Faoniah menyamatkan Pin IVA pada wanita usia subur disertai dengan pemberian IVA Kit secara simbolis kepada Puskesmas Subaim.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Hamlahera Timur, Rudi Erawan, Wakil Walikota Tidore Kepulauan Hamid Muhammad, Wakil Bupati Halmahera Barat H. Husen Abdul Fatah, Wakil ketua TP PKK provinsi, Fatmawati Natsir dan beberapa pejabat di kabupaten dan kota se provinsi Malut.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015