Madrid (Antara Maluku) - Valencia memastikan tempat mereka di Liga Champions musim depan, ketika Eibar dan Almeria terdegradasi pada hari terakhir yang dramatis di musim Liga Spanyol.

Deportivo La Coruna bangkit dari ketertinggalan 0-2 di markas tim juara Barcelona untuk sedikit merusak perpisahan Xavi Hernandez di Cam Nou, dan berhasil bertahan di Liga Spanyol dengan hasil imbang 2-2, bersama dengan Granada yang menahan imbang Atletico Madrid dengan skor 0-0.

Satu angka itu sudah cukup untuk memastikan Atletico melaju ke fase grup Liga Champions musim depan di peringkat ketiga, sedangkan Valencia dua kali bangkit dari ketertinggalan untuk menang 3-2 di markas Almeria dan mengamankan posisi keempat.

Musim perdana Eibar di kompetisi strata teratas tidak memiliki akhir seperti dongeng, ketika mereka terdegradasi meski meraih kemenangan kedua dari 20 pertandingan, dengan skor 3-0 saat menjamu Cordoba. Mereka terdegradasi karena memiliki catatan head-to-head yang inferior terhadap Deportivo dan Granada.

Athletic Bilbao juga mengamankan sepak bola Eropa untuk musim depan di Liga Europa, berkat kemenangan 4-0 atas Villarreal.

Cristiano Ronaldo mengemas trigol kedelapannya di musim ini untuk mengunci gelar sepatu emas dengan 48 gol di liga, ketika Real Madrid menyelesaikan musim dengan kemenangan 7-3 atas Getafe.

Javier Hernandez, James Rodriguez, Jese, dan Marcelo juga menyumbang gol untuk Si Putih, sedangkan pemain remaja asal Norwegia Martin Odegaard melakukan debut tim pertamanya pada pertandingan yang diperkirakan akan menjadi pertandingan terakhir Carlo Ancelotti sebagai arsitek juara Eropa itu.

Xavi melakukan penampilan ke-505 sekaligus yang terakhirnya di liga setelah mengumumkan dirinya akan bergabung dengan Al Sadd pada akhir musim, setelah Barca menghadapi Athletic Bilbao dan Juventus di final Piala Raja dan Liga Champions.

"Pada hari ini saya merupakan orang yang paling gembira dan untuk 17 musim saya telah berada di sini," ucapnya kepada para penonton sambil menahan air mata.  

"Seperti yang telah dikatakan sang pelatih bahwa ini belum berakhir. Kami menginginkan dua gelar lagi dan kami ingin berada di sini dengan Anda semua lagi di Barcelona pada 7 Juni (setelah final Liga Champions)."

Barca kelihatannya akan menyelamatkan Eibar untuk sebagian besar jalannya pertandingan, ketika Messi mencetak gol sundulan kepala dengan memanfaatkan umpan silang Rafinha untuk membuat tuan rumah unggul pada menit kelima.

Tim Katalan itu mendominasi sebagian besar jalannya pertandingan dan terlihat telah mengunci nasib tim Galicia itu ketika Neymar tidak egois dan mengoperkan bola kepada Messi, untuk membawa Barca unggul 2-0 pada menit ke-60.

Lucas Perez menghidupkan harapan Deportivo dengan gol mengejutkan ke sudut atas gawang tuan rumah tujuh menit kemudian, dan Salomao mencetak gol 14 menit sebelum pertandingan usai untuk menandai kebangkitan timnya.  

Granada juga mengamankan status mereka sebagai peserta kompetisi teratas untuk musim kelima secara beruntun, ketika mereka dan Atletico bermain imbang 0-0 yang menguntungkan kedua belah pihak.

Harapan-harapan Valencia untuk kembali ke Liga Champions sempat mendapat ancaman dari Almeria, yang dua kali memimpin pada babak pertama.

Tendangan bebas Thomas Partey gagal diantisipasi Diego Alves untuk masuk ke tiang dekat pada menit kesembilan, namun, seperti yang sering terjadi di musim ini, Nicolas Otamendi menyelamatkan Valencia dengan sundulannya untuk menyamakan kedudukan.

Jonathan Soriano membawa Almeria kembali memimpin, dan kemudian menyia-nyiakan peluang bagus untuk mengubah skor menjadi 3-1 beberapa saat kemudian.

Tim tamu kembali merespon sebelum turun minum, ketika Sofiane Feghoulo mencetak gol dari jarak dekat dan, dengan kedua tim mengincar gol kemenangan, Paco Alcacer dengan tenang menaklukkan Ruben Martinez 11 menit sebelum pertandingan usai.

Kemenangan Valencia membuat sia-sia upaya Sevilla yang menang 3-2 di markas Malaga, ketika mereka finis satu angka lebih sedikit di peringkat kelima. Bagaimanapun, tim Andalusia itu masih dapat lolos ke Liga Champions musim depan seandainya mereka mampu mempertahankan gelar Liga Europa ketika ditantang Dnipro Dnipropetrovsk pada Rabu. (AFP)

Pewarta: A.R.A Adipati (*)

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015