Ambon (Antara Maluku) - Pertamina menjamin Stok bahan bakar minyak (BBM) di Maluku, terutama premium, solar dan minyak tanah cukup atau aman untuk memenuhi kebutuhan menjelang bulan suci Ramadhan 1436 Hijriah.

"Stok premium yang ada sekarang ini bisa mencukupi hingga 28 hari ke depan, begitu juga solar hingga 50 hari dan minyak tanah cukup hingga 25 hari kedepan," kata Sales Executive Retail IV Pertamina Cabang Ambon, Fandy Ivan Nugroho di Ambon, Senin.

Premium untuk seluruh Maluku, lanjutnya, sampai Senin ini tercatat 7.471 kiloliter (kl) cukup untuk 28 hari penjualan, minyak tanah 4.487 kl untuk 25 hari dan solar sebanyak 18.468 kl untuk 50 hari kedepan.

Dengan demikian dipastikan stok BBM baik premium, solar dan minyak tanah di wilayah Maluku dalam keadaan yang mencukupi.

Dia menjelaskan, khusus menghadapi bulan suci ramadhan yang harus diwaspadai adalah stok minyak tanah dan skhukurlah sampai hari ini berdasarkan hasil monitor di Kota Ambon ke sejumlah pangkalan tidak ada masalah.

"Hal ini menunjukan distribusi Pertamina sampai ke level pangkalan-pangkalan dalam kondisi normal," ujarnya.

Kami juga melakukan kerja sama dengan pihak Disnas perdagangan (Indag) Kota Ambon, lanjutnya, guna memastikan penyaluran dan penjualannya, sebab minyak tanah setelah keluar dari area Pertamina menjadi tanggungjawab bersama dengan dinas-dinas terkait.

"Nanti apa bila diperlukan baik di awal ramadhan maupun di akhir ramadhan atau biasa jelang idul fitri sudah pasti ada operasi pasar dan pertamina akan mendukung hal itu terutama dilokasi-lokasi yang akan merayakan idul fitri," ujarnya.

Jadi, lanjutnya, masyarakat Maluku pada umumnya tidak perlu takut terkait ketersediaan BBM menjelang bulan suci ramadhan yang dimulai pertengahan bulan Juni 2015 mendatang.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015