Ambon (Antara Maluku) - Personil Molukka Hip-Hop Community (MHC), Mark MC memamerkan single solo terbarunya "Anti-Static" di pegelaran Kapata Dan Kapanya Untuk Maluku Labe Bae (syair dan melodi untuk Maluku lebih baik), di Pattimura Park, Rabu.

Single berbahasa trilingual yang sedang digarap klip videonya untuk diluncurkan via channel official youtube Mark MC tersebut, dibawakan secara duet dengan rapper Filaz dari Moluccas One Blood (M.O.B).

"Selamat sore basudara samua (saudara sekalian), senang sekali bisa bersama ada di sini untuk mendukung Maluku yang lebih baik," kata Mark MC membuka penampilannya sore ini.

Meski hanya dengan minus one, Mark membawakan "Anti-Static" yang berirama Hip-Hop 90an dengan sangat apik, warga kota Ambon yang berada di sekitar area Pattimura Park terlihat terhibur dengan penampilannya.

Mantan peserta program Pertukaran Pemuda antar Negara (PPAN) di Kanada yang dilaksanakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pada 2014 itu, hanya membawakan dua tembang ciptaannya sendiri, yakni "Anti-Static", dan "So Special" yang dinyanyikan secara duet dengan Putri Pariwisata Maluku tahun 2013 Nielma Pesurnay.

Mark juga membawakan lagu Numb/Encore karya grup musik Linkin Park, Shawn Carter dan Kanye West, yang ia bawakan secara duet dengan penyanyi Berry 2Slow untuk menutup penampilannya yang mengundang riuh tepuk tangan, beberapa remaja terlihat asyik menggoyangkan badan mengikuti irama tembang tersebut.

"Untuk Maluku yang lebih baik mari kita mengisinya dengan hal-hal yang positif, yang hadir di tempat ini ada olahragwan, musisi, aktivis, bahkan anak-anak kecil yang sudah membuktikan karya mereka," katanya.

Mark MC merupakan rapper indie yang telah lama berkecimpung dalam dunia musik, ia dan teman-temannya di MHC berjuang untuk menghidupkan musik Hip-Hop di Maluku sejak tahun 2008, dan disebut-sebut sebagai cikal bakal bertumbuhnya genre tersebut di negeri seribu pulau.

Selain sering menggelar pertunjukan dan tampil dalam berbagai pagelaran seni di Kota Ambon, MHC juga telah meluncurkan beberapa album indie, di antaranya Molukka Island Vibe yang merupakan kolaborasi dengan beberapa rapper dari Belanda, pada 2009.

Sekitar tahun 2012, MHC meluncurkan album Beta Maluku secara nasional di bawah bendera penyanyi Glenn Fredly, album tersebut merupakan salah satu album terbaik sepanjang karir mereka, salah satu lagu di dalamnya "Puritan", menurut beberapa penyair dan sastrawan lokal dari dari sisi moral Kemalukuan dianggap belum ada yang mampu menyamainya.

Lagu mereka yang lainnya, "Beta Maluku" juga menjadi "original soundtrack" untuk film Cahaya Dari Timur: Beta Maluku karya sutradara Angga Dwimas Sasongko yang dirilis pada 2014.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015