Ambon (Antara Maluku) - Gubernur Maluku Said Assagaff meminta restoran dan rumah makan menyuguhkan menu makanan khas Maluku saat berlangsung Pesta Paduan Suara Gerejawi (Perparawi) Nasional XI di Ambon, Oktober 2015.

"Saya akan minta semua pemilik restoran dan rumah makan, termasuk hotel yang ada di Kota Ambon menyediakan menu khas Maluku untuk disuguhkan kepada para peserta dan tamu yang datang mengikuti Pesparawi Nasional, Oktober mendatang," katanya, di Ambon, Minggu.

Gubernur Said mengaku telah meminta Wagub Zeth Sahuburua yang juga Ketua Panitia penyelenggara Pesparawi melakukan pertemuan dengan pemilik dan pengelola restoran serta hotel di Ambon untuk membicarakan masalah menu khas Maluku tersebut.

"Pak Wagub berencana mengundang seluruh pemilik dan pengelola restoran, rumah makan serta hotel untuk rapat bersama pada pekan ini, guna membicarakan masalah menu makanan yang akan disajikan bagi peserta Pesparawi," katanya.

Gubernur malah menyatakan pihaknya telah menyediakan sejumlah menu makanan khas Maluku yang akan disuguhkan kepada peserta Pesparawi dan hanya tinggal dibicarakan serta disepakati dengan para pengelola restoran, rumah makan dan hotel.

Menu khas Maluku tersebut wajib disediakan dan diberikan kepada para peserta Pesparawi di samping menu makanan yang disediakan masing-masing restoran dan hotel.

Langkah tersebut, tandas Said, guna memperkenalkan makanan atau kuliner khas provinsi ini kepada para peserta dari 33 provinsi, sehingga terkesan dan dapat menceritakannya kepada keluarga dan kenalan saat kembali ke daerah asal masing-masing.

"Paling tidak para peserta pesparawi mempeorleh kesan yang baik dan dapat mencicipi makanan khas Maluku, sehingga dapat diingat setiap saat, serta berkeinginan untuk berkunjung kembali di Ambon untuk menikmatinya di masa mendatang," ujarnya.

Said juga mengajak seluruh komponen masyarakat di Maluku, khususnya Ambon untuk menjaga dan memelihara kondisi keamanan yang kondusif dan aman, sehingga even lomba banding nyanyi terakbar umat Kristiani tersebut dapat terselenggara dengan baik, aman dan lancar.

"Pesparawi Nasional harus sukses, termasuk partisipasi masyarakat seluruh komponen masyarakat menyukseskannya dengan memperlihatkan keharmonisan dan kerukunan hidup antarumat beragama di daerah ini," tandas gubernur.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015