Ambon (Antara Maluku) - DPP Partai Nasdem menaikkan target kemenangan pada Pilkada serentak kelompok pertama pada 9 Desember 2015, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

"Kami awalnya menargetkan menang 100 dari 269 Pilkada tahun ini. Namun, menjelang pendaftaran bakal calon (Balon) dinaikkan menjadi 50 persen," kata Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Nasdem, Enggartiasto Lukita, di Ambon, Senin.

Enggartiasto berada di Ambon sejak 28 Juni 2015 dalam rangka memberikan rekomendasi Partai Nasdem kepada empat pasangan Balon Bupati - Wakil Bupati di Maluku.

Ia menyatakan, Partai Nasdem memberikan rekomendasi kepada balon kepala daerah sembilan provinsi, 224 kabupaten, dan 36 kota. Dasar pertimbangan mengacu pada hasil survei tentang tingkat elektabilitas para kandidat.

"Pastinya target kemenangan itu harus melalui koalisi dengan partai politik (Parpol) lain untuk memenuhi kuota minimal 20 persen dari jumlah legislator di masing-masing daerah yang menyelenggarakan Pilkada Desemmber mendatang," ujar Enggartiasto.

Pemberian rekomendasi, kata dia, juga didasarkan rekam jejak para kandidat di Kejaksaan Tinggi (Kejati) maupun Polda. Ini dilakukan demi menjaga citra Partai Nasdem dari kemungkinan tercoreng lantaran merekomendasi calon yang terlibat tindak pidana korupsi.

"Rekam jejak Balon dari Kejati maupun Polda itu bukan untuk dipublikasikan karena itu merupakan rahasia Partai Nasdem yang tetap menjunjung tinggi azas praduga tidak bersalah," tegas Enggartiasto.

Disinggung petahana di Pilkada Maluku Tenggara Barat (MTB) Barnabas Orno yang tidak direkomendasikan Partai Nasdem, dia menjelaskan, berbagai aspek menjadi bahan pertimbangan sebelum Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh dan Sekjen, Patrice Rio Capella, menandatangani SK di Jakarta pada 18 Juni 2015.

"Jadi berpulang kepada Balon yang mendaftar di Partai Nasdem karena rekomendasi diberikan berdasarkan hasil pertimbangan sesuai ketentuan AD/ART maupun ketetuan Undang - Undang lainnya sehingga bukan semata adanya klarifikasi Kejati maupun Polda Maluku terhadap petahana MBD," kata Enggartiasto.

Partai Nasdem memberikan rekomendasi kepada Balon Bupati - Wakil Bupati Seram Bagian Timur (SBT) adalah , Sitty Suruwaky - Syarifuddin Goo, Kepulauan Aru, Johan Gonga - Muin Sogalrey, Maluku Barat Daya (MBD), Nikolaus Kilikili - Johanis Hendrik Frans serta Buru Selatan, Tagop Sudarsono Soulissa - Ayub Saleky.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015