Madrid (Antara Maluku) - Komite Antiterorisme PBB mengagendakan pertemuan khusus di Madrid, Spanyol hari ini guna membahas meningkatnya tren relawan bergabung dengan kelompok IS.

Kalangan pakar internasional berkumpul di Madrid pada Senin untuk menghadiri rapat teknis penanganan terorisme, yang dibuka oleh Sekretaris Bidang Keamanan Francisco Martinez dan Sekretaris Bidang Hubungan Luar Negeri Ignacio Ibanez.

Pertemuan di Palacio del Pardo hari ini dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri Jorge Fernandez Diaz dan Menteri Luar Negeri Jose Manuel Garcia-Margallo.

Komite Antiterorisme merupakan organ di Dewan Keamanan PBB.

Pertemuan di Spanyol merupakan yang pertama kali dilakukan di luar New York, AS sejak 2011. Sekira 70 utusan negara-negara di dunia akan hadir bersama utusan dari enam organisasi regional.

Seperti dilaporkan kantor berita resmi Republik Rakyat Tiongkok, pertemuan itu akan fokus pada masalah pendeteksian, intervensi dan pencegahan rekrutmen petempur teroris asing, cara menghadang para petempur itu ke tempat tujuan, dan pengadilan, hukuman serta rehabilitasi mereka yang kembali dari zona peperangan.

Pewarta: Chaidar/John (*)

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015