Ternate, 20/8 (Antara Maluku) - Jamaah Calon Haji (JCH) di Ternate, Maluku Utara (Malut), melakukan persiapan bagi pardengan menggelar napak tilas perjalanan haji yang dipusatkan di asrama haji Ternate.

Kepala Kemenag Kota ternate, Ibrahim Muhammad di Ternate, Kamis, menjelaskan pihaknya melakukan napak tilas bagi JCH agar saat melaksanakan haji di Tanah Suci bisa berjalan dengan baik.

Menurut dia, dalam napak tilas, para JCH ini tergabung dalam kloter 7 yang akan berangkat ke melalui embarkasi Makassar pada 28 Agustus langsung ke kota Madinah.

Mereka diinformasikan mengenai tempat pemondokan, seperti jarak pemondokan dengan masjid haram yang berjarak 1,5 km, dimana akan ada penggemblengan dari petugas. Setelah melaksanakan ibadah haji, mereka kembali ke Tanah Air sekitar 9 Oktober 2015.

Seluruh JCH Malut pada musim haji 2015 ini dibebaskan dari biaya embarkasi haji, karena semuanya ditanggung oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Malut bersama pemerintah kabupaten/kota asalnya.

Kepala Biro Kesra Pemprov Malut Thalib Pono ketika dihubungi mengatakan, biaya embarkasi haji tahun ini sebesar Rp7,9 juta untuk setiap JCH, sebagian ditanggung Pemprov Malut dan sebagian lagi ditanggung pemerintah kabupaten/kota asal JCH.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015