Ambon, 26/8 (Antara Maluku) - Enam petinju Maluku berhasil meraih kemenangan di event ujicoba penyelenggaraan Pelatda Pra PON di Jakarta pada 21 - 22 Agustus 2015, kata Ketua Pertina Maluku, Sam Latuconsina.

"Hasil ini menunjukkan peluang petinju Maluku untuk mengukir prestasi lebih baik di event Pra PON wilayah Timur di Ambon pada 25 - 31 Oktober 2015," katanya dikonfirmasi, Rabu.

Enam petinju yang mengukir prestasi terbaik adalah Ralin Lumoly (56 Kg putra), Kennedy Pattinama (64 Kg putra), Lodewijk Batlajery (69 Kg putra), Bram Betaubun (75 Kg putra), David Isikiwar (81 Kg putra) dan Josua Sapulette (kelas 91 Kg putra).

Lumoly berhasil menang angka atas Benitus Rumapasal (Banten), Kennedy Pattinama menang angka atas Felix (Papua) dan Lodewijk menang TKO ronde kedua atas Insanul Sabri (Aceh).

Tiga petinju lainnya Bram Betaubun, David Isikiwar dan Josua Sapulette juga melengkapi kemenangan dengan angka.

Sam mengemukakan, dua petinju lainnya yakni Rocef Souhoka yang turun di kelas 49 Kg putra kalah angka atas Abner Ammu (Banten) dan Christian Pentury (57 kg putra) kalah angka dari petinju pelatnas Christian Djembay.

Ia mengatakan, ujicoba yang dilakukan merupakan bagian dari persiapan Pengprov Pertina Maluku menghadapi Kejurnas Pra PON yang akan berlangsung di Ambon 25 - 31 Oktober 2015.

"Jelang kejurnas kami telah melakukan dua kali ujicoba yakni pada turnamen tinju Internasional Taipei City Cup V 2015 di Taiwan, dan latih tanding dengan petinju Banten Jawa Barat,DKI Jakarta dan Jawa Tengah," katanya.

Pelatda Pra PON, diikuti 15 petinju terdiri dari 11 petinju putra dan empat petinju putri dan ditangani empat pelatih.

Empat petinju putri Maluku yakni Marlin Tomatala (kelas 48 kg), Femmy Benamen (51 kg), Christin Pentury (59 kg) dan Juliana Patty (60 kg).

Sedangkan satu petinju putri lainnya yakni Ester Kalayukin (kelas 54 kg putri) telah mengantongi tiket PON setelah meraih medali perunggu SEA Games 2015 di Singapura.

Sam menambahkan, pihaknya akan mengikut sertakan semua petinju pada Kejurnas Pra PON di Ambon. Upaya ini dilakukan agar target meraih tiga medali emas PON XIX/2016-Jawa Barat dapat tercapai.

"Kita berencana mengirimkan petinju sebanyak mungkin ke PON Jawa Barat. Semakin banyak yang diikut sertakan maka target meraih tiga medali emas dapat tercapai, atau bahkan lebih," tandasnya.

PP Pertina menetapkan kota Ambon sebagai tuan rumah Kejuaraan Tinju Pra PON 2016 wilayah timur.

Kejurnas Pra PON Wilayah Timur akan diikuti 10 provinsi yaitu Sulawasi Selatan, Sulawasi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Maluku Utara, Maluku, Papua dan Papua Barat.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015