Ambon, 3/9 (Antara Maluku) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Seram Bagian Timur (SBT), Maluku, memutuskan "menjemput" Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gorom dalam rangka memperlancar tahapan penetapan daftar pemilih sementara (DPS) untuk kebutuhan Pilkada pada 9 Desember 2015.

"Saya menangguhkan penetapan DPS pada Rabu(2/9) malam dan memutuskan tim menjemput PPK Gorom karena kesulitan transportasi laut maupun terganggu jaringan telpon seluler," kata Ketua KPU SBT, Kisman Kelian, dihubungi dari Ambon, Kamis.

14 PPK telah diplenokan sehingga tinggal Gorom, makanya diputuskan tim KPU SBT menjemput PPK setempat pada Kamis(3/9), pukul 15.00 WIT.

"Karakteristik wilayah berupa kepulauan dengan laut mendominasi wilayah SBT, sehingga bila cuaca ekstrim, maka menghambat berbagai aktivitas," ujarnya.

Tim yang menjemput PPK Gorom memanfaatkan jasa perahu cepat (speedboat) milik Polair Bula, ibu kota Kabupaten SBT.

"Kami menjadwalkan pada 4 September 2015 tim telah kembali ke Bula, selanjutnya kegiatan penetapan DPS Gorom diplenokan, menyusul 14 PPK lainnya terealisasi pada 1 September 2015," kata Kisman.

Kabupaten SBT memiliki Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) sebanyak 95.227 pemilih.

Sedangkan, pasangan yang ditetapkan menjadi calon Bupati - Wakil Bupati SBT oleh KPU setempat pada 24 Agustus 2015 adalah Sitti Suruwaky - Sjaifuddin Goo(Sus - Goo) dan Abdul Mukti Keliobas - Fachry H Alkatiri(MUFAKAT).

KPU SBT saat penetapan nomor urut pasangan calon Bupati - Wakil Bupati di Bula pada 24 Agustus 2015 menempatkan pasangan MUFAKAT di nomor urut satu (1), sedangkan Sus - Goo nomor urut dua (2).

Pasangan MUFAKAT direkomendasikan Partai Gerindra, PKS, PPP dan Demokrat , sedangkan Sus - Goo diusung Partai Nasdem, PKB, PDIP, Hanura dan PKP Indonesia.

Sebanyak empat Kabupaten yang menyelenggarakan Pilkada di Maluku kelompok pertama adalah Kabupaten SBT, Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya (MBD) dan Buru Selatan.

DP4 Kabupaten Kepulauan Aru adalah 72.586 pemilih, disusul Buru Selatan 49.619 pemilih dan Maluku Barat Daya (MBD) 42.649 pemilih.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015