Ternate, 15/9 (Antara Maluku) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Ternate, Maluku Utara, melibatkan tim sukses pasangan calon Wali Kota - Wakil Wali Kota untuk mengawasi pencetakan Alat Peraga Kampanye (APK) kebutuhan Pilkada pada 9 Desember 2015.

"Silahkan mengawasi pencetakan APK yang ditangani PT. Sinar Murni Indoprinting, Surabaya," kata Komisioner KPU Kota Ternate, Soleman Patras di Ternate, Senin.

Pilkada Kota Ternate berdasarkan keputusan KPU setempat diikuti empat pasangan calon Wali Kota - Wakil Wali Kota.

"Jadi tim sukses dari masing - masing pasangan calon bisa mengawasi proses pencetakan APK agar tidak mempermasalahkannya nanti," ujarnya.

Dia mengemukakan, PT Sinar Murni Indoprinting selaku pemenang tender pencetakan APK menjamin tiga hari lagi baru rampung prosesnya.

Targetnya pemasangan APK dilaksanakan pada pekan depan.

APK terdiri dari baliho, spanduk maupun umbul-umbul. Secara keseluruhan APK yang dicetak sebanyak 1.196 buah.

"Alat kampanye berupa poster, pamflet, liflet dan slayer untuk masing-masing pasangan calon dicetak sebanyak 40.000 buah," kata Soleman.

Dengan demikian, jumlah bahan kampanye yang dicetak untuk empat pasangan calon berjumlah 640.000 buah.

Sedangkan spanduk berjumlah 154 buah, umbul-umbul 140 buah dan baliho lima buah.

Pemasangan APK masing - masing pasangan calon nantinya dipasang di pusat Kota Ternate yang titik-titiknya ditentukan oleh Dinas Tata Kota dan Pertamanan (DTKP).

Baliho untuk semua kandidat jumlahnya 20 buah, jadi masing - masing kebagian lima buah. Spanduk satu kandidat 120 buah.

Dia mengemukakan, untuk melakukan validasi APK agar tidak bermasalah, maka KPU bersama Polres mengawasi proses percetakaan APK hingga selesai baru kembali ke Ternate dan dipastikan dulu jumlah, volume dan space sesuai kontrak.

Sedangkan, Ketua KPU Maluku Utara, Sahrani Sumadayo, mengharapkan pasangan calon Bupati - Wakil Bupati maupun Wali Kota - Wakil Wali Kota hendaknya memaklumi keterlambatan percetakan APK.

APK yang dicetak oleh KPUD masing-masing Kabupaten/Kota telah dikordinasikan dengan pasangan calon.

"Kami berharap APK untuk delapan Kabupaten/Kota sudah bisa dipasang sehingga masyarakat mengenali calon-calon di masing-masing daerah," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015