Ambon, 14/11 (Antara Maluku) - Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-61 melakukan kirab di Kota Ambon dalam rangka latihan dan praktek dasar operasi laut Jala Yudha tahun 2015.

Kirab drum band AAL diikuti 90 taruna itu dimulai dari pelataran Gong Perdamaian Dunia (GPD) melewati ruas jalan di kota Ambon dan kembali lagi ke kawasan GPD, Jumat.

Atraksi drum band genderang suling gita Jala Taruna AAL mendapat perhatian dari masyarakat yang memadati pinggiran ruas jalan yang dilalui.

Atraksi itu dilepas Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy bersama Komandan Lantaman IX Ambon, dan sekembalinya diterima oleh Wakil Gubernur Maluku, Zeth Sahuburua.

Selain melaksanakan kirab kota, Taruna AAL juga melaksanakan kunjungan ke Pangdam, Pangkoops AU, Polda Maluku, Komandan Lantamal, Lanud Pattimura, serta pejabat Pemerintah Provinsi Maluku.

Rangkaian kegiatan lainnya yakni melakukan olah raga persahabatan dengan taruna pelayaran, promosi ke sejumlah SMU di kota Ambon. latihan pendaratan amfibi serta malam kesenian.

Satuan Latihan Jala Yudha 2015 Taruna AAL tingkat IV angkatan ke-61 tiba di dermaga Irian Lantamal IX Halong Ambon, Kamis (12/11), setelah melaksanakan pelayaran dari Surabaya, Makassar dan Kendari.

Kedatangan Taruna AAL disambut langsung oleh Komandan Lantamal IX Ambon Laksma TNI Nurhidayat,Wadan Lantamal IX Kolonel (Mar) Joko Supriyanto dan pejabat lainnya.

Satuan Latihan dan Praktek Jala Yudha tahun 2015 Taruna AAL angkatan ke-61 tersebut dimulai tanggal 30 Oktober 2015 dari dermaga Madura Koarmatim Ujung, Surabaya.

Latihan dan praktek Jala Yudha tahun 2015 bagi Taruna AAL tingkat IV semua korps dengan menggunakan KRI Ki Hajar Dewantara-364 dan KRI Teluk Banten-516 selama kurang lebih satu bulan. Selama latihan akan menempuh rute Surabaya, Makassar, Kendari, Ambon, Ternate, Balikpapan dan kembali ke Surabaya.

Komandan Lantamal IX Ambon Laksma TNI Nurhidayat menyatakan, latihan tersebut bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada Taruna AAL tingkat IV di kapal.

"Latihan tersebut guna mendapatkan pengetahuan dan kecakapan dasar operasi laut sesuai pelajaran profesi dasar Matra Laut yang telah diperolah di kelas pada umumnya dan pelajaran profesi sesuai dengan masing-masing korps pada khususnya," katanya.

Ia menyatakan, kunjungan yang dilakukan taruna AAL khusus untuk masyarakat Ambon. Kunjungan ini juga merupakan kesempatan untuk menunjukan ke masyarakat di luar Maluku bahwa kota Ambon sudah aman untuk dikunjungi.

"Kami berharap dengan kunjungan ini membuka kesempatan juga kepada masyarakat luar untuk datang mengunjungi Ambon, sebagai wujud Ambon sudah aman dan sejahtera," katanya. 

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015