London, 18/11 (Antara/Reuters) - Roger Federer mengakhiri laju 23 kemenangan beruntun Novak Djokovic dengan meraih kemenangan 7-5, 6-2 atas petenis Serbia itu, untuk mengamankan tiket ke semifinal ATP World Tour Finals di London, Selasa.

Break pada serve mengakhiri set pembuka di mana kedua petenis saling mengejar, Federer melakukan pukulan setengah voli yang sensasional pada game ke-12 untuk membuat serve Djokovic berada di bawah tekanan yang serius untuk pertama kalinya di pertandingan ini.

Dengan para penggemar petenis Swiss itu meneriakkan dukungan kepada idolanya di O2 Arena yang dipadati para penonton, petenis 34 tahun itu, juara 17 Grand Slam meraih keunggulan melalui break pada awal set kedua, namun Djokovic mampu balas mematahkan servenya dengan kesalahan saat melakukan forehand.

Namun petenis peringkat satu dunia Djokovic kesulitan memberi perlawanan setelah itu dan gagal menambah tekanan seperti yang biasanya ia lakukan, ketika Federer mengambil keuntungan untuk unggul 5-2.

Djokovic menyelamatkan satu match point setelah bertahan pada pertukaran pukulan di baseline, namun tidak ada jalan keluar bagi beberapa nilai berikutnya, ketika petenis Serbia itu melepaskan pukulan forehand melebar untuk mengakhiri pertemuan ke-43 sepanjang karirnya setelah bermain selama satu jam 17 menit.

Djokovic, juara untuk tiga tahun terakhir di kompetisi yang dimainkan di O2 Arena, tidak pernah kalah pada pertandingan di dalam ruangan sejak 2012, laju kemenangan yang mencakup 38 pertandingan.

Federer telah mengantungi dua kemenangan di Grup Stan Smith, di mana Djokovic dan Kei Nishikori, yang dikalahkan petenis Serbia itu pada Minggu, masing-masing mengoleksi satu kemenangan. Djokovic akan perlu menaklukkan Tomas Berdych pada Kamis untuk menjamin satu tempat di semifinal.

Pewarta: A.R.A Adipati

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2015