Jailolo, 26/2 (Antara Maluku) - Wakil Bupati Halmahera Barat Ahmad Zakir Mando menyerahkan bantuan dari pemerintah daerah setempat kepada warga Desa Idamdehe Gamsungi yang rumahnya rusak akibat gempa bumi.

"Penyerahan bantuan dari Pemerintah Kabupaten berupa 20 unit terpal, 30 lembar tikar, 20 dos perlengkapan bayi, dan 10 dos penambahan gizi ditambah 10 dos laukpauk serta dua karung gula pasir," kata Ahmad Zakir Mando di Jailolo, Jumat.

Dari data sementara, gempa bumi berkekuatan 5,1 skala richter yang mengguncang Halbar pada 24 Februari lalu mengakibatkan 111 rumah warga, satu SD, satu gereja, dan satu pastoral mengalami kerusakan berat.

Ahmad mengatakan, Pemkab Halbar melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah menyiapkan tiga tenda pengungsian untuk warga setempat.

"Diharapkan warga masyarakat berihktiar, karena bencana kapan saja bisa terjadi dan Pemkab akan terus mengikuti perkembangan. Sejak terjadi gempa dua hari lalu pemerintah daerah juga sudah menurunkan tim dari BPBD dan Tagana untuk siaga gempa susulan.

Sebelumnya, BPBD Kabupaten Halbar mencatat sedikitnya 203 rumah rusak berat dan ringan akibat gempa 5,1 Skala Richter (SR) pada Rabu (24/2) lalu.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016