Ambon, 10/3 (Antara Maluku) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan Maluku berharap PT Sucofindo selaku perusahaan pengujian mutu barang dapat segera memenuhi janjinya untuk kembali beraktivitas di daerah ini, khususnya Kota Ambon.

"Sucofindo sudah berjanji akan kembali beraktivitas di Ambon, hanya saja waktunya belum ditentukan," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku Frangky Papilaya di Ambon, Kamis.

Dia menyatakan pihaknya sudah sering melakukan koordinasi dengan perusahaan tersebut mengenai rencana kembali beroperasi di Kota Ambon.

"Kehadiran Sucofindo sangat penting, karena memang hasil perkebunan Maluku yang akan diekspor ke luar negeri salah satu persyaratannya adalah lolos pengujian mutu barang," ujarnya.

Bila Sucofindo sudah ada, maka proses ekspor hasil perkebunan Maluku sudah bisa dilakukan di Ambon, tidak perlu lagi di luar daerah seperti yang berlangsung selama ini.

"Sampai saat ini hasil perkebunan Maluku yang akan diekspor ke luar negeri harus melalui daerah lain seperti Surabaya atau Makasar," katanya.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016