Ternate, 2/4 (Antara Maluku) - Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut) akan menjadikan kelapa bido sebagai komoditas unggulan di Morotai.

Kelapa bido mempunyai keunggulan yang lebih baik dari kelapa lain, kata Kepala Dinas Pertanian, Peternakan dan Kehutanan (DPPK) Kabupaten Pulau Morotai, Muslim Jumati di Ternate, Sabtu.

Dia mengatakan, dari hasil penelitian beberapa waktu lalu mengungkapkan kelapa bido memiliki pertumbuhan yang lebih cepat daripada kelapa yang lain, ukuran buah yang lebih besar dan tandan yang banyak dan pohon tidak terlalu tinggi.

"Jadi sesuai rencana kelapa bido ini akan kita jadikan kelapa unggulan di Morotai, apalagi kebanyakan orang sangat memfavoritkan kepala tersebut," katanya.

Kelapa bido, Kata Muslim, untuk pengembangan pembibitannya berada di Desa Bido Kecamatan Morotai Utara.

Muslim menambahkan Pejabat Bupati Kabupaten Pulau Morotai M. Syukur Lila setelah melakukan peninjauan di Desa Bido beberapa waktu lalu juga berkeinginan agar penanaman kelapa bido bisa lebih dikembangkan sebagai kelapa unggulan di Morotai.

"Tadi Bupati sudah melakukan penanaman di lokasi Desa Juanga dan minggu depan setelah kunjungan Presiden RI, Joko Widodo juga akan melakukan penanaman di Pulau Dodola sekaligus dilakukan agenda pembubaran panitia HUT ke 7 Kabupaten," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016