Ambon, 17/5 (Antara Maluku) - Kodam XVI/Pattimura menggelar Apel Komandan Satuan (Dansat) tersebar tahun 2016 yang dipusatkan di Sekolah Calon Bintara (Secaba) Resimen Induk Kodam (RINDAM) Suli, Kecamatan Salahutu, Pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Senin.

Panglima Kodam XVI/Pattimura Mayor Jenderal TNI Doni Monardo, saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, apel Dansat sebagai tindak lanjut guna terwujudnya pemahaman yang sama terhadap pokok-pokok kebijakan Pimpinan TNI AD hingga ke level pimpinan satuan terkecil.

"Kegiatan ini juga merupakan wadah untuk silaturahmi antarunsur pimpinan dari tingkat Danki/Danramil hingga dengan Panglima, sehingga mempererat rasa persaudaraan sebagai keluarga besar Kodam XVI/Pattimura," katanya.

Ia mengatakan apel juga merupakan bagian dari pembinaan satuan dan misi kepemimpinan yang menjadi tugas dan tanggung jawab setiap pimpinan satuan dalam upaya membangun kualitas anggota dan meningkatkan kinerja satuannya masing-masing.

Dia mengungkapkan beberapa kasus yang terjadi selama ini memperlihatkan adanya kelemahan unsur pimpinan dalam memberi perintah atau penyalahgunaan kekuasaan yang semua akan bermuara kepada kesiapan operasi satuan.

"Kasus-kasus tersebut akan kita diskusikan dalam kegiatan apel Dansat ini sebagai bahan banding dan pembelajaran di masa mendatang," ujarnya.

Karena itu Pangdam meminta para peserta ntuk manfaatkan kegiatan tersebut optimal sehingga apa yang diharapkan bersama dapat segera terwujud serta menjadi satuan yang dapat diandalkan oleh bangsa dan negara.

Apel Dansat tersebar bertujuan agar diperoleh pemahaman tentang kebijakan pimpinan Kodam Pattimura guna terwujudnya satuan yang siap operasional untuk memahami tentang pokok-pokok kebijakan pimpinan dan untuk meningkatkan kesiapan operasional satuan.

Sedangkan sasarannya, terwujudnya pemahaman para Dansat guna terhadap kepemimpinan lapangan dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pokok, terwujudnya ide atau pemikiran baru dalam pencapaian tugas pokok, meningkatkan kepedulian dan moralitas serta meningkatkan peran dan profesionalitas dalam setiap pelaksanaan tugas pokok.

Kegiatan tersebut diikuti 174 peserta terdiri dari para Dansat, Kepala satuan kerja yakni satuan tempur, satuan bantuan tempur, satuan bantuan administrasi dan somando Kewilayahan.

Materi latihan adalah karya tulis, kesegaran jasmani, renang militer, HTF/Navrat, menembak pistol jarak 25 meter, speed mars, infiltrasi dan survival dengan metode bersifat satu pihak dikendalikan, ceramah, diskusi serta praktek lapangan.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016