Ambon, 5/6 (Antara Maluku) - Bakal calon (Balon) Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, di Ambon, Sabtu, menerima rekomendasi dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) untuk mengikuti Pilkada setempat pada 15 Februari 2017.

Richard menerima rekomendasi yang diberikan Ketua DPP Partai Nasdem, Vicktor Laiskodat, disaksikan Korwil Partai Nasdem Maluku, Supiadin Saputra, Ketua DPW Partai Nasdem Maluku, Hamdany Laturua dan Ketua DPD Partau Nasdem Kota Ambon, Muhammad Cakra Batara.

Vicktor mengemukakan, rekomendasi diberikan kepada Richard yang ditandatangani Ketua DPP Partai Nasdem, Enggartiasto Lukita dan Sekretaris Jenderal, Patrice Rio Capela tertanggal 19 Mei 2016 itu berdasarkan hasil evaluasi terhadap kepimpinannya periode pertama yang berakhir pada 4 Agustus 2016.

"Kami pun menyerap aspirasi lebih dari 300.000 jiwa penduduk kota Ambon yang menginginkan petahana ini kembali memimpin ibu kota Provinsi Maluku," ujarnya.

Pertimbangan lain adalah visi dan misi Richard sesuai dengan gerakan restorasi Partai Nasdem yang menginginkan adanya perubahan yang berlandaskan mental dan spritual baik.

"Jadi kepercayaan diberikan kepada Richard untuk berkoalisasi dengan partai politik (Parpol) lain guna memenuhi kuota 15 persen atau tujuh dari 35 legislator DPRD kota Ambon," kata Vicktor.

Ditanya rekomendasi tanpa Balon Wakil Wali Kota, dia menjelaskan, Partai Nasdem memberikan kepercayaan kepada Richard untuk memutuskannya.

"Khan membutuhkan patner kerja yang idial sehingga hanya Balon Wali Kota mengetahui siapa sesungguhnya layak untuk mendampinginya," tandas Viktor.

Ketua DPW Partai Nasdem Maluku, Hamdany Laturua, menginstruksikan jajaran Parpol ini agar merapatkan barisan untuk bekerja bagi kemenangan Richard.

"Jangan ada pengurus maupun anggota DPRD yang berkoalisi dengan Parpol maupun kandidat lain, bahkan hanya duduk dan tidak bekerja, maka pasti dikenakan sanksi pemecatan atau terkena pergantian antarwaktu," ujarnya.

Sedangkan, Richard mengapresiasi kepercayaan Partai Nasdem dipimpin Surya Paloh yang merekomendasikannya untuk mengikuti Pilkada 2017 secara gratis.

"Rekomendasi ini merupakan anugrah Tuhan Yang Maha Kuasa dan indah pada waktunya sehingga memotivasi kerja untuk membenahi Ambon lebih baik," katanya.

Richard memastikan Balon Wakil Wali Kota yang mendampinginya tergantung hasil survei tahap terakhir bagi petahana Wakil Wali Kota, Muhammad Armyn Syarif yang biasanya disapa Sam Latuconsina, Lutfy Sanaky dan Muzakir Assagaff.

Sam tidak lagi masuk bursa Balon Wakil Wali Kota karena telah menjalin komunikasi dengan Paulus Kastanya.

"Jadi peluang besar bagi Lutfy maupun Muzakir yang tinggal hasil survei sedang dilaksanakan untuk dideklarasikan," tegas Richard.

Catatan Antara, Paulus Kastanya saat Pilkada Kota Ambon pada 2011 berpasangan dengan La Hamsidi disapa "KASIH" berhasil menempati peringkat kedua..

Pasangan lainnya yang mengikuti Pilkada Kota Ambon pada 2011 adalah Hesina Huliselan - Machfud Waliulu (SELALU), Daniel Palapia - La Suryadi (DAYA) dan Ferry Wattimury - Awat Tenate (Wate).

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016