Ambon, 30/6 (Antara Maluku) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggara bimbingan teknis (Bimtek) terpadu menjelang Pilkada serentak tahap kedua pada 15 Februari 2017 dijadwalkan di Ambon, pertengahan Juli 2016.

"Ditunjukkan Maluku sebagai tuan rumah penyelenggara Bintek didasari kerjasama antara KPU RI dengan Bawaslu serta Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP)," kata Ketua KPU Maluku, Musa Toekan, di Ambon, Kamis.

Musa mengaku, belum ditentukan tanggal penyelenggaraan Bimtek, karena pihaknya masih melakukan koordinasi, terutama menyangkut tempat dan gedung yang akan digunakan untuk kegiatan nasional tersebut.

"Bimtek secara nasional semula direncanakan di Ambon pada 19 Juli 2016, tetapi setelah berkoordinasi dengan manajemen Hotel The Natsepa yang dianggap representatif, ternyata telah digunakan pihak lain pada waktu tersebut," katanya.

Menurut Musa, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk Pemprov Maluku untuk mendapatkan gedung representatif sebagai tempat penyelenggaraan Bimtek nasional tersebut.

"Jumlah peserta diperkirakan hadir sebanyak 500 orang dari 80 kabupaten/kota pelaksana Pilkada 2017, sehingga diperlukan gedung yang representatif dan mampu menampung seluruh peserta," ujarnya.

Sehubungan dengan itu, pihak KPU Maluku, telah memutuskan dua opsi pelaksanaan Bimtek yakni dimajukan jadwalnya pada 16 Juli atau dimundurkan hingga 22 Juli 2016.

"Kami sudah memutusakan dua opsi tersebut, tetapi kepastian jadwal pelaksanaan Bimtek nasional masih akan dikonsultasikan dengan KPU Pusat," ujar Musa.

Musa mengakui, bimtek yang berlangsung nasional tersebut strategis guna mematangkan persiapan para penyelenggara dari 80 daerah agar pelaksanaan Pilkada 2017 dapat berjalan lancar dan aman serta jujur dan adil, sekaligus meminimalisasi berbagai kecurangan yang terjadi.

Bimtek yang dijadwalkan berlangsung selama tiga tersebut, dijadwalkan akan dihadiri Ketua KPU Pusat Husni Kamil Malik dan seluruh komisionernya, Ketua Bawaslu RI, Muhammad dan jajarannya serta Ketua DKPP Jimly Asshiddiqie bersama seluruh anggotanya.

Ketua KPU Pusat, Husni Kamil Malik, Ketua Bawaslu RI, Muhammad serta Ketua DKPP, Jimly Asshiddiqie akan menjadi pembicara kunci pada bintek tersebut.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016