Ternate, 19/7 (Antara Maluku) - Komisi Polisi Nasional (Kompolnas) menggelar sosialisasi Saran Keluhan Masyarakat (SKM) terkait kinerja kepolisian di Polda Maluku Utara (Malut).

"Kami bertugas melakukan pengawasan fungsional terhadap kinerja, mempelajari kebijakan-kebijakan, mendengarkan keluhan-keluhan dari masyarakat terkait kinerja Polri untuk kemudian disampaikan kepada Presiden guna diambil keputusan," kata Komisioner Kompolnas, Irjen Pol (Pur), Yotje Mende, di Ternate, Selasa.

Begitu pula terkait SDM, infrastruktur sarana dan prasarana guna mewujudkan Polri yang lebih baik.

Yotje didampingi DR. Benedictus dan Nurhadi, SH, M.Hum, melaksanakan sosialisasi dan klarifikasi serta mendengar Saran Keluhan Masyarakat (SKM) di Polda Malut.

Kegiatan yang berlangsung di ruangan Aula Polres Ternate itu dihadiri Waka Polda Malut, Kompol.Johny Pol. Latupeirissa, pejabat teras Polda setempat, para Kapolres jajaran Polda Malut serta paraa Perwira lebih dari 150 orang.

Dalam paparan sosialisasi SKM, Yotje mengatakan, pihaknya juga akan melakukan pengumpulan data terkait dengan setiap permasalahan yang terjadi di wilayah Polda Malut, terutama terkait dengan keluhan masyarakat.

"Kami pun akan berdiskusi bagaimana membangun Polda Malut agar ke depan lebih baik," ujarnya.

Dia menegaskan, Kepolisian harus tegas dalam melaksanakan tugas penegakkan hukum, di mana penindakannya harus tetap sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dengan mengedepankan HAM.

"Rata-rata laporan masyarakat kepada Kompolnas terkait dengan bidang reserse dan lalulintas. Polri dan Kompolnas harus tetap bekerja sama sebagai cerminan mitra," kata Yotje.

Sedangkan, Waka Polda Malut, Kombes Pol. Johny Pol Latuperissa berharap adanya dampak positif terhadap kinerja Polda setempat setelah kunjungan Kompolnas.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016