Ambon, 4/8 (Antara Maluku) - Gubernur Maluku Said Assagaff telah mengusulkan penjabat Bupati Seram Bagian Barat (SBB) ke Mendagri Tjahjo Kumolo sehubungan masa jabatan Jakobus Puttileihalat dan Wakil Bupati Mohammad Husni berakhir pada 13 September 2016.

"Saya sudah mengusulkan Penjabat Bupati SBB ke Mendagri, beberapa waktu lalu," katanya, dikonfirmasi, Kamis.

Sedikitnya tiga Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di jajaran Pemprov Maluku yang dinilai layak untuk jabatan Penjabat Bupati SBB telah diusulkan ke Mendagri.

Hanya saja, tiga pejabat yang diusulkan tidak dirinci identitasnya.

Gubernur memastikan, jabatan Bupati SBB tidak boleh lowong setelah berakhirnya masa jabatan Jakobus yang telah dua periode.

"Jadi Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepegawaian (Baperjakat) Pemprov Maluku mengajukan pejabat yang dinilai berkompoten untuk formasi Penjabat Bupati SBB, selanjutnya dievaluasi untuk memutuskan tiga orang diusulkan ke Mendagri," katanya.

Dia mengisyaratkan, pejabat di jajaran Pemprov Maluku yang berperilaku jujur, menaati peraturan dan berdedikasi tinggi berpeluang menjadi Penjabat Bupati SBB.

"Siapa pejabat yang memenuhi kriteria tersebut berpeluang untuk formasi itu sehingga Baperjakat Pemprov Maluku selektif," tandas Gubernur.

Sementara itu, pilkada serentak kelompok kedua pada 15 Februari 2017 juga diselenggarakan di Buru yang Bupati dan Wakil Bupati masa jabatan berakhir pada 2 Februari 2017 .

Di Maluku tercatat Bupati Maluku Tengah, Abua Tuasikal dan Wakil Bupati, Marlattu Leleurry masa jabatannya berakhir pada 8 September 2017 serta Bupati Maluku Tenggara Barat, Bitzael Temmar dan Wakil Bupati, Paulus Werembinan (16 April 2017).

Pilkada serentak kelompok pertama di Maluku pada 9 Desember 2015 meliputi kabupaten Kepulauan Aru, kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), kabupaten Buru Selatan dan kabupaten Seram Bagian Timur (SBT).

Sedangkan, Pilkada serentak kelompok ketiga dijadwalkan Juni 2018 yakni Bupati Maluku Tenggara dan Wali Kota Tual yang masa jabatan masing - masing berakhir pada 31 Oktober 2018 serta Pilkada Maluku dengan Gubernur, Said Assagaff dan Wagub, Zeth Sahuburua berakhir pada 10 Maret 2019.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016