Ambon, 16/8 (Antara Maluku) - Para staf Bank Mandiri, Perum Percetakan Negara Republik Indonesia (PNRI) dan PT Perikanan Nusantara (Persero) menggelar jalan sehat dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun(HUT) ke - 71 Kemerdekaan Republik Indonesia, di Ambon, Selasa.

Jalan santai itu start dari tugu Pahlawan Nasional, Johannes Leimena, Poka sepanjang lima KM yang melintasi Jembatan Merah Putih (JMP) sepanjang 1.140 meter,

Sekretaris Kementerian BUMN Iman Aprianto Putro bersama Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo dan Kapolda Maluku, Brigjen Pol Ilham Salahudin, melepas jalan sehat yang ditandai dengan mengibarkan bendera start.

Pelepasan tersebut juga dihadiri Direktur Finance dan Treasury Bank Mandiri Pahala N Mansory dan Direktur Utama PNRI Djakfarudin Junus.

Jalan sehat melibatkan seluruh karyawan dari sejumlah BUMN yang beroperasi di Kota Ambon, para siswa sejumlah sekolah serta masyarakat.

Direktur Finance dan Treasury Bank Mandiri Pahala N Mansory dalam sambutannya mengatakan jalan sehat yang digelar ini dalam rangka perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

"Kita merayakan kemerdekaan untuk memperkuat kecintaan, meningkatkan semangat dan menunjukan kerja nyata bagi RI tercinta," katanya.

Sedangkan, Sekretaris Kementerian BUMN, Iman Aprianto Putro mengatakan jalan sehat yang digelar merupakan kegiatan BUMN dalam rangka memperingati HUT ke 71 Kemerdekaan RI yang wajib dilaksanakan oleh setiap BUMN di Tanah Air.

Selain jalan sehat, ada juga pertukaran siswa mengenal Nusantara dari Maluku ke Kalimantan Barat, begitu pun sebaliknya dari Kalimantan Barat ke Maluku.

Kemudian ada kegiatan bedah rumah veteran. Program ini bekerjsama dengan Kodam XVI/Pattimura untuk 140 rumah yang tersebar di pulau Ambon, pulau Seram, Selaru, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) dan Kota Tual.

Selanjutnya kegiatan pasar murah dengan menjual 1.000 paket bahan pokok masyarakat berisi 10 Kg beras, dua liter minyak goreng dan dua Kg gula pasir dengan total harga Rp170.000/paket.

"Kali ini paket bahan pokok tersebut dapat dibeli oleh masyarakat hanya seharga Rp25.000," katanya.

Selain itu, kata Iman ada kegiatan elektrivikasi bagi masyarakat yang kurang mampu dan pembinaan narapidana yang sudah naturalisasi.

"Peringatan Proklamasi Kemerdekaan bertajuk "BUMN Hadir Untuk Negeri" ini menjadikan BUMN lembaga yang memobilisasi dana untuk pembangunan ekonomi dan hadir di tengah-tengah masyarakat untuk kepentingan dan kemakmuran rakyat," ujar Imam.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016