Langgur, Maluku, 21/10 (Antara) - Finalis Putri Pariwisata Indonesia 2016 asal Maluku, Mentari Astried Mahakena berharap pemerintah kabupaten Maluku Tenggara (Malra) mendorong pengembangan bandara di daerah itu agar bisa didarati pesawat berbadan lebar jenis Boeing.

"Supaya wisatawan asing mudah untuk datang ke sini," kata Mentari, di sela kunjungannya di Langgur, ibu kota Malra, terkait penyelenggaraan Festival Pesona Meti Kei, Jumat.

Menurut dia, kabupaten Malra memiliki banyak objek wisata bahari dan pesona seni budaya yang unik dan pasti menarik bagi wisatawan manca negara.

Namun, untuk dapat menyedot para pelancong asing, diperlukan tata kelola pariwisata yang baik dan profesional, dengan tetap menjaga kearifan lokal masyarakat Kei, juga kesiapan sarana dan prasarana termasuk infrastruktur bidang transportasi.

Mentari datang ke Maluku Tenggara untuk menyaksikan Festival Pesona Meti Kei.

Bersama Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua, Bupati Maluku Tenggara Anderias Rentanubun, dan Ketua DPRD Maluku Tenggara Teddy Welerubun, ia menyempatkan diri mengunjungi lokasi wisata Ngur Tavur-Warbal yang terkenal dengan objek pasir timbul.

Terkait penyelenggaraan Festival Pesona Meti Kei, ia menyatakan pemerintah daerah setempat harus terus membangun kerja sama dengan semua pihak, termasuk masyarakat Kei di perantauan baik di dalam maupun luar negeri.

"Keunikan masyarakat Kei dengan tradisi dan adat yang sangat dekat dengan kearfian lokal tentu saja merupakan potensi besar bagi kemajuan pariwisata di daerah ini," katanya.

Ia menambahkan, kesiapan masyarakat Kei untuk senantiasa ramah dan memberikan pelayanan terbaik bagi para wisatawan juga merupakan syarat utama yang harus bisa dilakukan dengan baik.

Pewarta: Zeta Topotubun

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016