Sorong, 31/10 (Antara Maluku) - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) menyelenggarakan "Media Gathering" untuk wartawan di wilayah Papua dan Maluku, di Kota Sorong, Papua Barat, 31 Oktober-1 November 2016.

Pertemuan mengusung tema Peranan Media Dalam Membangun Kepercayaan Publik itu akan dilanjutkan dengan kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan bekerja sama dengan Lembaga Pers Dr. Soetomo.

"Press Gathering dan UKW ini kegiatan rutin tahunan untuk membangun tali silaturahmi dengan rekan-rekan media di wilayah Pamalu (Papua dan Maluku)," kata Kepala Perwakilan SKK Migas Pamalu, Endrico CP Ngantung pada acara pembukaan, Senin.

Pertemuan diisi dengan pemaparan tentang kegiatan usaha hulu migas, menampilkan narasumber Kepala Bagian Humas SKK Migas Pusat, Taslim Z.Yunus dengan materi Implementasi Kegiatan CSR Migas untuk Pengembangan Masyarakat dan Pembangunan daerah.

Narasumber lainnya termasuk Direktur pemberitaan Metro TV dan Praktisi Media Suryopratomo yang memaparkan materi Peranan Media dalam Membangun Kepercayaan Publik pada Kegiatan Usaha Hulu Migas, dan Dosen Universitas Indonesia (UI) dan Praktisi Kehumasan, Dian Anggreani dengan materi Membangun Sinergitas Bersama antara Fungsi Humas dengan Media dan Stakeholders dalam Upaya Menjaga Citra Positif SKK Migas - KKKS dan Kegiatan Usaha Industri Hulu Migas.

Menurut Endrico, kegiatan ini bertujuan agar para peserta bisa memahami apa yang dilakukan mitra KKKS, mulai dari kegiatan eksplorasi, produksi serta peranannya menyediakan energi di masa sekarang dan masa yang akan datang.

"Migas memberikan kontribusi besar bagi penerimaan negara, dan media massa mempunyai arti penting dalam memberikan informasi yang dilakukan lembaga pemerintah kepada masyarakat," katanya.

Dia berharap, seluruh pengetahuan narasumber dapat diserap oleh para peserta untuk kemudian diimplementasikan dalam tugas-tugas jurnalistik di media masing-masing.

Pertemuan diikuti 30 peserta yang terdiri dari perwakilan KKKS se Papua dan Maluku seperti INPEX Masela, Genting Oil, JOB Pertamina, Petrochina Salawati (JOB PPS), Petro Gas, dan wartawan dari berbagai media cetak dan elektronik dari Maluku dan Papua.

Rencananya, para wartawan yang mengikuti acara tersebut akan diajak ke lapangan untuk melihat secara langsung operasi JOB PPS.

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016