Saumlaki, 21/11 (Antara Maluku) - Wakil Uskup wilayah Maluku Tenggara Barat dan Maluku Barat Daya, Pastor Yanuaris Alubwaman, Pr mengimbau seluruh umat Katolik di Maluku Tenggara Barat mendukung Pilkada serentak 2017 di kabupaten itu melalui doa dan sikap iman kristiani yang baik.

"Mulai minggu depan akan disebarkan di gereja-gereja, doa menyongsong pelaksanaan Pilkada MTB. Doa ini didoakan setelah komonio atau sesudah doa syukur dalam ibadah sabda, dan wajib didoakan di gereja maupun di kapel-kapel sampai hari minggu sebelum tanggal 15 Februari 2017," katanya di depan ratusan umat katolik yang menghadiri misa kudus perayaan Kristus raja semesta alam dan penutupan tahun Kerahiman, di lokasi wisata rohani Findruar, Olilit Timur, Minggu.

Di depan tiga calon bupati, masing-masing Petrus Fatlolon, Petrus Paulus Werembinan dan Dharma Oratmangun, wakil uskup menegaskan kepada umat bahwa tiga calon bupati MTB tersebut adalah putera terbaik gereja dan masyarakat MTB.

Dengan begitu pelaksanaan seluruh tahapan hingga pemilihan umum hendaknya didukung penuh oleh umat Katolik dengan menjaga kedamaian, keamanan, dan ketertiban meskipun ada perbedaan pilihan.

"Meskipun kita berbeda pilihan, tetapi tetap menjaga kedamaian dan kesatuan antar kita. Saya berharap melalui persatuan dan kesatuan untuk menjaga kedamaian ini lalu kita mewartakan tentang kebaikan kristiani di tengah-tengah masyarakat duan-lolat ini," katanya.

Pastor Yanuaris juga mengimbau umat katolik untuk tidak saling melecehkan, saling memfitnah, atau saling menuduh dengan cara-cara yang tidak wajar. Sebagai umat beriman, hendaknya bisa menjaga moral agar tidak ternoda dengan tindakan-tindakan tidak terpuji.

"Saya mengimbau juga kepada para pastor Paroki, para pastor lembaga, seluruh Dewan Pastoral Paroki dan seluruh Dewan Patoral Stasi untuk memelihara, menjaga dan menggalang ketertiban, karena siapapun yang terpilih nanti pasti sesuai kehendak Tuhan," katanya.

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016