Ambon, 29/11 (Antara Maluku) - Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Doni Monardo memimpin Upacara Peringatan HUT Ke-45 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI), bertempat di lapangan apel Makodam.

Siaran pers Penerangan Kodam XVI/Pattimura yang diterima Antara di Ambon, Selasa, menyatakan, selaku Inspektur Upacara, Pangdam membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yang menyatakan dirinya sebagai penasihat Korpri menyampaikan penghargaan tinggi kepada segenap keluarga besar Kopri yang sudah dan sedang mengemban tugas, tanggung jawab, serta pengabdian kepada negara, bangsa dan rakyat, di seluruh penjuru tanah air dan dunia.

Presiden juga mengapresiasi tema peringatan HUT ke-45 Korpri yang berbunyi "Bersama Korpri Meneguhkan Netralitas dan Meningkatkan Profesionalisme Aparatur Sipil Negara" sebagai sangat tepat semangatnya dalam menyambut pesta demokrasi Pemilihan Umum Kepala Daerah Serentak tahun 2017.

Jadikanlah momentum Pilkada serentak 2017 sebagai ajang ujian atas netralitas dan prpfesionalisme saudara-saudara. Ujian untuk menerapkan Panca Prasetya Korpri. Ingatlah bahwa pengabdian anggota Korpri bukanlah kepada kepentingan individu melainkan pengabdian anggota Korpri hanyalah kepada negara, bangsa dan rakyat, kata presiden.

Menurut presiden, Korpri akan segera bertransformasi menjadi Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara RI.

Dalam bentuk baru itu fungsi pemerintahan yang diemban barupa pembinaan dan pengembangan profesi Aparatur Sipil Negara, memberikan perlindungan hukum dan advokasi kepada anggota ASN, memberikan rekomendasi terhadap pelanggaran kode etik dan kode perilaku, serta meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

Presiden juga berharap Korps Profesi Pegawai Aparatur Sipil Negara RI menjadi pusat inovasi dan tempat lahirnya loncatan-loncatan kemajuan dalam peningkatan kualitas pelayanan publik.

Sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari pemerintahan, korps berperan menjaga kode etik profesi, standar pelayanan profesi dan mewujudkan jiwa korps Aparatur Sipil Negara sebagai pemersatu bangsa.

Upacara dihadiri Irdam, Aslog, Kakumdam, Danpomdam, Kababiminvecat, Kakudam, Danpomdam, Kasrem 151/Bny, para Perwira, Bintara, Tamtama dan seluruh Aparatur Sipil Negara jajaran Kodam XVI/Pattimura.

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2016