Ambon, 19/1 (Antara Maluku) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Maluku menyatakan, surat suara dua daerah sudah dicetak untuk menyelenggarakan Pilkada pada 15 Februari 2017, yakni Kota Ambon dan Maluku Tengah.

Ketua KPU Maluku, Musa Toekan, dikonfirmasi, Kamis, mengatakan kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Buru dan Maluku Tenggara Barat (MTB) dijadwalkan pencetakan surat suaranya rampung pada hari ini.

Surat Suara kabupaten SBB dicetak di Surabaya, Jawa Timur serta kabupaten Buru dan MTB masing - masing di Jakarta. Bila sudah selesai akan segera dikirim ke Piru, ibu kota kabupaten SBB, Namlea (Buru) dan Saumlaki (MTB).

"Kami menjadwalkan dalam waktu dekat surat suara sudah bisa tiba di masing - masing kabupaten, selanjutnya disortir," ujar Musa.

Hanya saja, dia tidak merinci jumlah surat suara dari empat kabupaten dan kota Ambon.

"Pastinya dicetak sesuai Daftar Pemilih Tetap (DPT) masing - masing kabupaten/kota ditambah 2,5 persen," tandas Musa.

Pilkada kota Ambon hanya diikuti pasangan calon Richard Louhenpessy - Syarif Hadler dengan jargon "PAPARISA BARU" dan Paulus Kastanya - Muhammad Armyn Syarif "Sam" Latuconsina yang dipromosikan dengan sapaan "PANTAS".

Kabupaten Buru juga dua pasangan calon yakni Bakri Lumbessy - Amrullah Madani Hentihu (BARU) dan Ramly Umasugi - Amustofa Besan (RAMA).

Kabupaten Maluku Tengah menempatkan pasangan petahana yakni Tuasikal Abua - Marlatu Leleury dengan jargon "TULUS" sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati tunggal sehingga siap bersaing dengan kotak kosong.

Di kabupaten SBB menempatkan Samuel Paulus Puttilaehalat - H Amirudin (RODAL), Samson Atapary - Suhfi Majid (INA AMA), M. Yasin Payapo - Timotius Akerina (YAKIN) dan Sanadjihitu Tuhuteru - Izaac Suripaty (TUNTAS).

Sedangkan, kabupaten MTB menempatkan Petrus Paulus Werembinan - Jusuf Siletty (Power Justice) , Dharma Oratmangun - Markus Faraknimela (DOA), dan Petrus Fatlolon - Agustinus Utuwaly (FATWA). 

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017