Ambon, 22/2 (Antara Maluku) - PT Pos Indonesia akan meluncurkan perangko edisi khusus 200 tahun peringatan pahlawan nasional Pattimura pada 15 Mei 2017.

Wakil Ketua Kantor Pos Ambon Alex Nitalessy di Ambon, Rabu menyatakan, peluncuran perangko pahlawan nasional direncanakan bertepatan dengan 200 tahun Pattimura yakni 15 Mei 2017.

"Kami telah bertemu dengan Pemerintah Provinsi (pemprov) Maluku guna membahas terkait desain perangko yang akan diluncurkan, setelah penetapan desain maka akan dilakukan pencetakan perangko," katanya

Pihaknya sementara berkoodinasi dengan Dinas Informasi dan Komunikasi (Infokom) provinsi Maluku terkait penyiapan gambar pahlawan Pattimura.

Usulan pembuatan perangko edisi 200 tahun pahlawan Pattimura berasal dari pemerintah provinis Maluku dan ditindaklanjuti ke PT Pos pusat untuk disetujui dalam proses peluncuran.

"Kami menerima usulan Pemrov Maluku untuk menerbitkan perangko pahlawan Pattimura, karena sebelumnya kami telah menerbitkan perangko edisi dua abad kebun raya Bogor," ujarnya.

Alex mengakui, perangko edisi pahlawan nasional Pattimura merupakan proses pewarisan nilai bagi generasi muda.

"Setiap kali kita memperingati hari pahlawan nasional kapitan Pattimura, akan terjadi proses pewarisan nilai sekaligus bekal bagi generasi muda khususnya di Maluku, rencana peluncuran perangko ini diharapkan dapat memberikan nilai sejarah bagi generasi muda," katanya.

Menurut dia, perjuangan Pattimura patut dibanggakan karena hal ini merupakan embrio dari seluruh perjuangan mewujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Dikatakannya, 200 tahun lalu kapitan Pattimura bangkit melawan berbagai bentuk penjajahan, penindasan dan ketidakadilan yang terjadi di Maluku.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017