Ambon, 19/6 (Antara Maluku ) - Dua kandidat bakal calon (Balon) Gubernur mendatangani Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) partai Nasional Demokrat (Nasdem) Maluku untuk mengambil formulir pendaftaran untuk mengikuti Pilkada setempat pada 27 Juni 2018.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) DPW Nasdem Maluku, Azis Lattar, di Ambon, Senin, membenarkan dua kandidat yang datang bersama tim pemenangannya untuk mengambil formulir yakni Bupati Buru Selatan (Bulsel) Tagop Sudarsono Soulisa dan mantan Bupati Maluku Tenggara Barat (MTB) dua periode, Bitsael Zilvester Temmar.

Kedatangan kedua kandidat secara terpisah tersebut diterima Ketua DPW Nasdem, Hamdany Laturua bersama sejumlah fungsionaris partai pimpinan Ketua Umum Surya Paloh tersebut.

Sebelum diberikan formulir pendaftaran, kedua kandidat diminta untuk menulis kesan dan pesannya terhadap partai yang memiliki empat kursi di DPRD Maluku tersebut.

Tagob dan Bito (sapaan Bitsael) juga diminta menyampaikan visi dan misi singkatnya, serta semangat mereka membesarkan partai jika diusung untuk berharung dalam Pilkada Maluku 2018.

Setelah itu, keduanya diberikan informasi oleh tim Bapilu terkait dengan syarat-syarat yang yang harus dipenuhi saat mengembalikan berkas pendafataran agar terdaftar secara resmi sebagai Balon di Partai Nasdem.

Sejumlah syarat yang harus dipenuhi diantaranya visi dan misi, riwayat hidup, geo politik, kesiapan serta analisa dan strategi pemenangan, serta sumber daya yang dimiliki untuk maju bertarung pada Pilkada Maluku.

Para kandidat diwajibkan memasukan hasil survei yang dilakukan oleh lembaga survei terpercaya dan memiliki kredibilitas sehingga dapat dijadikan ukuran tingkat kesukaan dan popularitas mereka di masyarakat, di samping survei internal yang akan dilakukan partai tersebut.

Kedua kandidat sama-sama berharap memperoleh rekomendasi dari partai yang mengusung semangat restorasi sebagai platform perjuangan partai tersebut.

"Saya berharap bisa mendapatkan kepercayaan dari pimpinan partai nasdem untuk maju bertarung dalam Pilkada Maluku 2018. Semangat restorasi yang menjadi platform partai Nasdem ikut mengilhami saya untuk maju bertarung dalam pesta demokrasi di Maluku," ujar Bupati Buru Selatan, Tagop Soulisa.

Menyangkut calon Wakil Gubernur yang akan mendampinginya, Tagop mengaku sedang berkomunikasi dengan beberapa Balon. "Saya sedang berkomunikasi dengan beberapa kandidat yang bersedia berpasangan. Tentunya harus memiliki visi dan misi yang sama untuk membangun Maluku lima tahun mendatang," katanya.

Hingga sepekan pembukaan pendafataran, tercatat delapan kandidat telah mengambil formulir di Partai Nasdem, enam diantaranya untuk Balon Gubernur, dan dua lainnya lainnya Wakil Gubernur.

Enam kandidat yang telah mengambil formulir Nasdem sebagai Balon Gubernur yakni Bupati Maluku Barat Daya (MBD) dua periode, Barnabas N. Orno, Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Maluku, Zidik Sangadji dan Johosua Max Yoltuwu (Dirjen Pembangunan Kawasan Perdesaan, Kementerian Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi).

Selain itu, Herman Koedoeboen (Inspektur IV Jamwas kejagung RI) serta Jacky W.B. Noya yang sempat terkenal sebagai raja emas dan menjadi Balon Gubernur pada 2013, Bupati Bulsel, Tagop Sudarsono Soulisa dan mantan Bupati MTB dua periode, Bitsael Zilvester Temmar.

Sedangkan Balon Wakil Gubernur yang telah mengambil formulir yakni Mozes Rudy Timisela yang saat ini masih menjabat sebagai Ketua DPD partai Golkar Papua Barat serta Abdullah Vanath, mantan Bupati Seram Bagian Timur (SBT) periode 2005 - 2010, 2010 - 2015. ***2***



Alex Sariwating



(T.KR-JA/B/L005/L005) 19-06-2017 22:13:38

Pewarta: jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017