Ternate, 21/6 (Antara Maluku) - Badan Narkotika Nasional Provinsi Maluku Utara pada Rabu melakukan desiminasi informasi tentang Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba (P4GN) kepada pegawai Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Ternate.

Kepala BNNP Malut, Brigjen Pol Richard M. Nainggolan mengatakan, hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah para pekerja di DPPKB terproteksi dari bahaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

"Selain itu, tenaga penyuluh dari instansi tersebut bisa meneruskan informasi yang mereka peroleh kepada masyarakat saat memberikan penyuluhan KB," katanya.

Richard mengungkapkan, salah satu perubahan pada diri penyalahguna narkoba umumnya adalah pada perilakunya. dan orang tua di rumah harus mewaspadainya.

"Perubahannya seperti dari semula rajin jadi malas, pemarah dan mudah berbohon," katanya.

Ia berharap dari kegiatan diseminasi informasi P4GN bisa terjalin sinergitas antara Dinas PPKB dam BNNP Malut untuk memperluas penyebaran informasi tentang bahaya narkoba di daerah ini dan cara mencegah maupun penanggulangannya.

Dia menambahkan kegiatan BNNP Malut menjelang lebaran ini semakin digencarkan, karena ada indikasi masuknya berbagai jenis narkoba untuk dipakai bersenang senang saat liburan.

"Narkoba dapat disalahgunakan oleh semua kalangan, orang tua, pekerja maupun anak-anak, bahkan alim ulama sekalipun tidak bisa menjamin anaknya aman jerat barang haram tersebut," katanya.

Kepala DPPKB Nurbaity Radjabessy menyatakan pihaknya siap mendukung upaya BNNP Malut dalam mencegah semakin maraknya penyalahgunaan narkoba di Ternate.

"Informasi P4GN ini juga akan kami sosialisaskian melalui media website milik dinas," katanya.

Ia menambahkan, Dinas PPKB selain memiliki petugas lapangan (penyuluh KB) juga Pusat Informasi Jalur kemasyarakatan di setiap kelurahan, dan Kelompok Informasi Konseling Remaja yang fokus pada tiga hal yakni tolak pernikahan dini, tolak seks bebas dan tolak Narkotika, psikotropika dan zat adiktif.

Sebelumnya, BNNP Malut juga melakukan sosialisasi di Dinas Kesehatan dan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kota Ternate.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017