Ternate, 24/6 (Antara Maluku) - PT PLN Area Ternate, Maluku Utara meningkatkan pelayanan selama Lebaran 2017 dengan memberikan potongan biaya tambah daya terutama untuk rumah ibadah.

"Begitu pula untuk pelanggan yang menambah daya listrik hingga 50 persen pelayanannya dilakukan dengan maksimal," kata Kepala PLN Area Ternate Awat Tuhuloula, di Ternate, Sabtu.

Selain itu, kata Awat, PT PLN juga akan memberi kemudahan bagi masyarakat memenuhi kebutuhan listrik dengan biaya murah hingga 31 Juli nanti.

Menurutnya, ketersediaan listrik adalah kebutuhan vital sehingga pasokannya harus terjamin dan diupayakan tidak ada pemadaman, untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggan selama lebaran ini.

Menurutnya, sekali pun beban penggunaan listrik saat liburan lebaran ini di Kota Ternate diperkirakan mengalami penurunan dibanding saat puasa, namun PLN tetap siaga untuk mengantisipasi kemungkinan tidak diinginkan.

Untuk memenuhi kebutuhan listrik selama lebaran, setiap hari solar yang dibutuhkan sebanyak 8.000 liter, dan stok untuk PLN Kota Ternate telah disiapkan sejak bulan Ramadan.

"Ketersediaan BBM untuk PLN Ternate aman dalam satu bulan ke depan, dan Pertamina siap memenuhi permintaan sehingga pemadaman listrik bisa ditekan," katanya lagi.

Dia mengatakan pula, pengawasan untuk mengantisipasi kemungkinan terjadi pemadaman tetap diperketat, khususnya di sektor teknis, kerja ekstra sudah diagendakan untuk pengecekan jaringan dan perbaikan.

Sebelumnya, anggota DPRD Kota Ternate mengapresiasi PLN Ternate telah mengantisipasi pemadaman listrik saat umat Islam menjalankan ibadah puasa Ramadan hingga merayakan Idulfitri nanti.

Anggota DPRD Kota Ternate Muhajirin Bailusy menyatakan, meski terjadi penurunan konsumsi listrik, tapi keandalan sistem transmisi dan pembangkit harus dijaga dan ditingkatkan.

"Beban pembangkit memang menurun, tapi secara kesiagaan harus meningkat karena selam liburan hal-hal tertentu malah bisa muncul tanpa diduga sebelumnya," kata Muhajirin.

Dia menambahkan, PLN Cabang Ternate punya ketersediaan pasokan listrik Kota Ternate dan sebagian lagi mendapat bantuan pasokan listrik dari Tidore, sehingga diharapkan tidak terjadi pemadaman listrik saat lebaran.

"DPRD mengimbau ke pihak PLN agar memproteksi dari awal sebelum lebaran lisrik tidak terjadi pemadaman yang bisa mengganggu aktivitas dan kebutuhan masyarakat," ujarnya pula.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017