Ambon, 25/7 (Antara Maluku) - Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy dijadwalkan pada 1 Agustus 2017 melepas jamaah calon haji (calhaj) asal ibu kota Maluku itu menuju embarkasi Makassar, Sulawesi Selatan.

"Acara pelepasan rencananya berlangsung pagi hari di Gedung Ashari," kata Kabid Penyelenggara Haji Kantor Kementerian Agama Kota Ambon Wahab Putuhena di Ambon, Selasa.

Pokoknya semua urusan menyangkut persiapan pemberangkatan jamaah calon haji, lanjutnya, sudah tidak ada masalah lagi setelah acara pelepasan yang dilakukan Wali Kota Ambon, maka sesuai jadwal mereka berangkat menuju embarkasi Makasar pada 4-5 Agustus.

"Rombongan calon haji asal Kota Ambon yang berjumlah 333 orang akan ditambah lagi dengan calon haji asal Seram Bagian Barat (SBB) sebanyak 111 orang yang masuk dalam satu kelompok terbang (koter)," ujarnya.

Sedangkan jamaah calon haji asal Maluku secara keseluruhan, lanjutnya, masuk dalam tiga Kloter, masing-masing dua kloter penuh dan satu lainnya gabungan dengan calon haji asal Makasar.

Menurut Wahab, informasi pelepasan calon haji asal Maluku secara keseluruhan yang berjumlah 1.081 orang itu akan dilakukan Gubernur Maluku Said Assagaff pada tanggal 3 Agustus 2017.

Setelah itu rombongan akan diberangkatkan ke embarkasi Makasar pada tanggal 4-5 Agustus, kalaupun ada kelebihan maka akan diberangkatkan pada tanggal 6 Agustus.

Sedangkan rencana keberangkatan ke Tanah Suci sesuai dengan yang dijadwalka, 7-8 Agustus 2017u.

Kabid Penyelenggara Haji Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku, Yamin yang dikonfirmasikan mengatakan, kuota haji asal Maluku secara keseluruhan sebanyak 1.090 orang, tetapi sembilan orang mutasi keluar daerah.

"Walaupun mereka ini mutasi keluar daerah, namun kuota haji asal Maluku tetap terisi sebanyak 1.090 orang yang akan berangkat, sebab ke sembilan calhaj ini yakni sebanyak tujuh orang mutasi keluar, satu meninggal dan satu lainnya batal berangkat sudah terisi semua, apalagi yang mutasi keluar daerah persiapan menyangkut keberangkatan ke tanah suci sudah selesai tinggal berangkat saja," ujarnya.

Karena itu, jamaah calhaj asal Maluku yang akan berangkat dari Bandar Udara Pattimura di Laha menuju embarkasi Makasar sebanyak 1.081 orang. 

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017