Ambon, 27/7 (Antara Maluku) - Sebanyak 26 perahu layar telah terdaftar mengikuti lomba perahu layar Darwin-Ambon Yacht Race (DAYR) pada 5 Agustus 2017.

"Kita berharap jumlah tersebut dapat bertambah mengingat tanggal 5 sesuai jadwal akan dilepas dari Pelabuhan Darwin," kata Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy di Ambon, Rabu.

Ia mengatakan, peserta DAYR akan dilepas dari Pelabuhan Darwin, Australia 5 Agustus 2016 dan tiba di Pelabuhan Ambon pada 9 -10 Agustus.

Delegasi Pemkot Ambon dipimpin Wakil Wali Kota Ambon Syarief Hadler dan Pemprov Maluku diwakili Asisten II Bidang Kesejahteraan Sosial dan Administrasi Setda Maluku Maritje Lopulalan akan menuju Darwin pada 1 Agustus guna mempersiapkan proses pelepasan peserta DAYR.

"Kami juga melakukan persiapan penyambutan dan kegiatan lainnya di Negeri Amahusu Kecamatan Nusaniwe," ujarnya.

Pihaknya telah sepakat untuk mendorong kegiatan DAYR sebagai bentuk kerja sama yang menguntungkan kedua kota kembar dan negara, sehingga melalui kegiatan ini semakin terjalin kerja sama yang baik.

"Ke depan kita akan bahas kebijakan Pemkot terkait bagaimana sistem penanganan DAYR sehingga dapat menguntungkan masyarakat, sehingga menjadi sebuah bentuk atau format kerjas ama yang baik, bukan sekedar penyelenggaraan," ujarnya

Diakuinya, jumlah peserta DAYR setiap tahun mengalami peningkatan, dimulai tahun 2013 persentasenya mencapai 125 persen.

"Hal ini berbanding dengan tahun 2012 yakni hanya sembilan peserta DAYR hanya sembilan, Kami berharap jumlahnya setiap tahun mengalami peningkatan," ujarnya.

DAYR merupakan kegiatan kota kembar yang telah digelar sejak tahun 1976 sebagai bentuk kebersamaan serta meningkatkan kualitas persaudaraan.

Penyelenggaraan DAYR juga didukung oleh Kementerian Pariwisata, Pemerintah Kota Ambon, dan Dinah Beach Cruising Yacht Association Incorporated.

DAYR juga diprakarsai sebuah klub yacht di Darwin yaitu Cruising Yacht Association of the Northern Territory Incorporated (CYANT) pada 1976.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017