Ambon, 2/8 (Antara Maluku) - Sebanyak tiga calon haji asal Kota Ambon batal berangkat ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji karena mengalami sakit dan meninggal dunia.

Pembatalan keberangkatan ke tiga calon haji ini diakibatkan dua orang mengalami sakit, satu diantaranya akibat hamil, sedangklan satu lainnya meninggal, kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon Rusdi Latuconsina saat menyampaikan laporan pada acara pelepasan calon haji Kota Ambon yang dilepas oleh Wakil Wali Kota Ambon Syarif Hadler di Ambon, Senin.

Dengan demikian, katanya, dari 339 orang calon haji yang merlakukan pelunasan dan siap untuk berangkat hanya 336 orang saja.

Rusdi menjelaskan kuota haji ditetapkan berdasarkan surat keputusan (SK) Gubernur Maluku Nomor 90 Tahun 2017 tentang penetapan kuota haji kabupaten dan kota se Provinsi Maluku.

Karena itu kuota haji reguler untuk Kota Ambon ditetapkan sebanyak 368 orang, jumlah kuota tersebut mengalami penambahan sebanyak 122 orang dari kuota tahun sebelumnya yakni 246 orang.

"Namun dari jumlah kuota tahun 2017 sebanyak 368 orang itu, hanya 339 orang yang melakukan proses pelunasan," ujarnya.

Pada saat persiapan keberangkatan berkurang tiga orang, katanya, akibat dua orang gangguan kesehatan dan satu lainnya meninggal.

Rusdi mengatakan setelah acara pelepasan para calon haji ini akan bersiap untuk melanjutkan perjalanan menuju Embarkasi Makasar sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan tanggal 4 Agustus 2017 dengan jasa penerbangan Garuda Indonesia.

Kemudian pada tanggal 6 Agustus 2017 calon haji asal Kota Ambon ini yang tergabung dalam kloter 13 bersama dengan calon haji asal Kabupaten Seram Bagian Barat akan berangkat ke Tanah Suci juga dengan jasa penerbangan Garuda Indonesia dan tiba di Madinah tanggal 7 Agustus 2017, ujarnya.

Mereka akan kembali ke Tanah Air melalui Jeddah pada tanggal 16 September 2017, pukul,02.15 waktu Arab Saudi, dan tiba di debarkasi Bandara Hassanudin Makasar tanggal 16 September pukul,18.45 waktu Indonesia Tengah dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 1406.

Selanjutnya jamaah haji Kota Ambon beristirahat di asrama haji Sudiang, dan selanjutnya diterbangkan menuju Ambon menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017