Ternate, 17/8 (Antara Maluku) - Menteri BUMN Rini M Soemarno menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada HUT Kemerdekaan ke-72 di lapangan Jiko Mobon Kota Maba, Kabupaten Halmahera Timur, Maluku Utara.

Kehadiran Menteri BUMN di Haltim, Kamis, menjadi pusat perhatian tersendiri karena baru pertamakalinya perayaan HUT Kemerdekaan dihadiri pejabat setingkat menteri di kabupaten tersebut.

Menteri BUMN Rini M Soemarno ketika dihubungi menyatakan, BUMN hadir untuk negeri ini memang dipusatkan di Kabupaten Haltim, tetapi seluruh BUMN disebarkan ke semua kabupaten/kota bersama-sama masyarakat Indonesia merayakan HUT Kemerdekaan.

"Hari ini saya merayakan HUT Kemerdekaan RI bersama bupati dan masyarakat Haltim serta melihat pembangunan berbagai sarana infrastruktur di daerah ini," kata Rini.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur tentunya dengan percepatan pembangunan industri yang memadai, terutama penyediaan sarana listrik guna mendukung aktivitas perusahaan tambang milik BUMN yang beroperasi di Haltim.

Dia mengakui kehadirannya di Haltim selain menjadi Irup HUT Kemerdekaan juga untuk menyerahkan bantuan pembangunan rumah bagi veteran dan bantuan lainnya senilai Rp3 miliar.
Sebelumnya, Kementerian BUMN menuntaskan program Siswa Mengenal Nusantara yang digagas seperti PT Wijaya Karya (Wika), PT Aneka Tambang (Antam) dan PT Hutama Karya (HK) melepas 20 siswa asal Bali belajar mengenai budaya di Malut.
Untuk itu, Menteri BUMN berharap momentum HUT Kemerdekaan ini bisa menjadi momentum kebangkitan bangsa Indonesia sebagai wadah untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan bangsa.
Bahkan, BUMN ini telah menyelesaikan programnya guna melahirkan siswa yang berwawasan nusantara dan mengenal kekayaan budaya Indonesia, karena tiga perusahaan ini diberi amanah dari Kementerian BUMN untuk mengirimkan 20 siswa yang dipilih secara proporsional di setiap kabupaten/kota di Malut yang didampingi para guru teladan sebagai pendamping guna mengenal budaya lainnya di Indonesia.
Dia mengatakan, BUMN sendiri telah melakukan berbagai agenda kegiatan bersinergi BUMN hadir untuk negeri atas kerjasama PT Antam, WIKA dan Hutama Karya dalam menyambut HUT Kemerdekaan dengan menggelar kegiatan Siswa Mengenal Nusantara dengan penukaran 20 siswa dan siswi terbaik yang dikirim ke Provinsi Bali.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017