Ambon, 19/8 (Antara Maluku) - Sebanyak 403 regu mengikuti lomba gerak jalan cepat tepat dalam rangka memperingati HUT ke-72 Republik Indonesia dan HUT ke-442 Kota Ambon tahun 2017.

403 regu gerak jalan cepat tepat terdiri dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, unsur TNI/Polri serta pemerintah desa dan negeri.

Lomba gerak jalan cepat tepat dilepas Gubernur Maluku serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dari halaman SMAN 5 Ambon menuju pusat perbelanjaan Ambon City Center (ACC) Passo kecamatan Baguala, Jumat.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyatakan, lomba gerak jalan cepat tepat merupakan rangkaian lomba akan digelar menjelang HUT Kota Ambon pada 7 September.

"Lomba gerak jalan cepat tepat ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas kebangsaan, kerjasama dan soladiratias kerja serta upaya pemerintan untuk menciptakan hidup sehat bagi masyarakat," katanya.

Menurut dia, berbagai lomba yang disiapkan panitia HUT kota semata-mata untuk menjaga kebersamaan, keamanan dan ketertiban masyarakat di Kota Ambon.

Pemerintah, lanjutnya, berupaya menjalin kebersamaan baik itu antara instansi maupun juga antara pemerintah dengan masyarakat.

"Mari kita jaga kebersaman dan terus memupuk persaudaraan antara pemerintah dengan masyarakat, sebagai upaya mewujudkan Ambon sebagai kota yang aman,nyaman dan pantas untuk dikunjungi," kata Richard.

Berbagai lomba disiapkan panitia bagi masyarakat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Lingkup Pemkot Ambon, yang rangkaiannya dimulai sejak pencanangan HUT pada 4 Agustus 2017.

Rangkaian lomba yang disiapkan untuk masyarakat di 50 desa dan kelurahan di Ambon yakni pembuatan gapura HUT RI ke-72 dan HUT kota Ambon, selain itu lomba kebersihan lorong padat penduduk di Kota Ambon.

Sedangkan lomba untuk ASN yakni gerak jalan cepat antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dilanjutkan dengan lomba memasak nasi goreng yang diikuti Forkopimda Provinsi Maluku dan kota Ambon, serta lomba permainan Ludo antar ASN.

"Puncaknya akan dilakukan pameran 101 inovasi dari seluruh OPD berdasarkan MOU yang telah dilakukan dengan Lembaga Administrasi Negara (LAN RI)," kata Richard Louhenapessy.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017