Ternate, 22/8 (Antara Maluku) - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) menjadikan atletik sebagai salah satu cabang olah raga prioritas dalam pembinaan di daerah berjuluk kota rempah ini.

"Alasan pemkot menjadikan atletik sebagai salah satu cabang olah raga prioritas dalam pembinaannya antara lain karena memiliki potensi bibit atlet yang berbakat," kata Wali Kota Ternate Burhan Abdurrahman di Ternate, Selasa.

Selain itu, atletik tidak membutuhkan peralatan yang mahal, begitupula tempat yang bisa dimanfaatkan untuk latihan dan melaksanakan perlombaan, bisa dilapangan atau jalan raya.

Menurut Wali Kota, atlet juga memiliki banyak nomor perlombaan sehingga dalam pelaksanaan kegiatan olahraga, seperti pekan olah provinsi dan pekan olahraga nasional dapat dimanfaatkan untuk memperbanyak perolehan medali.

Dari tiga cabang olah raga atletik yakni lari,lompat dan lempar, yang saat ini menjadi fokus Pemkot Ternate adalah lari melalui penyelenggaraan lomba lari, baik tingkat daerah maupun nasional.

"Pemkot Ternate telah memrogramkan kegiatan lomba lari setiap tiga bulan, seperti pada Agustus ini menggelar lomba lari 10 kilo meter dan pada Desember nanti akan digelar lagi lomba lari bertaraf nasional," kata Wali Kota

Lomba lari yang aka digelar pada Desember itu, selain melombakan lari 10 kilometer, juga 5 kilometer dan 45 kilometer, yang pesertanya selain dari Malut, juga diharapkan dari provinsi lain di Indonesia.

Wali Kota Burhan Abdurrahman mengharapkan adanya dukungan dari kalangan dunia usaha di daerah ini dalam kegiatan pembinaan cabang olahraga, karena Pemkot Ternate memiliki keterbatasan dana untuk melaksanakan pembinaan.

Pewarta: La Ode Aminuddin

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017