Ambon, 18/11 (Antara Maluku) - Mayjen TNI Suko Pranoto menerima estafet kepemimpinan sebagai Panglima Kodam (Pangdam) XVI/Pattimura dari pejabat lama, Mayjen TNI Doni Monardo, dalam prosesi penyerahan pasukan pada Apel Bersama yang dihadiri oleh seluruh prajurit dan PNS Kodam XVI/Pattimura di Lapangan Makodam, di Ambon, Sabtu.

"Saya serahkan pasukan dalam keadaan aman dan lengkap," kata Mayjen TNI Doni Monardo sebagai Pangdam XVI/Pattimura yang lama, dan dijawab oleh Mayjen TNI Suko Pranoto dengan mengucapkan, "Saya terima pasukan dalam keadaan aman dan lengkap," sebagaimana tertulis dalam siaran pers yang diterima Antara.

Disebutkan, Apel Bersama merupakan salah satu rangkaian kegiatan Sertijab Pangdam XVI/Pattimura selain kegiatan tradisi penyambutan dan malam lepas sambut yang telah diselenggarakan di Kodam XVI/Pattimura.

Dipimpin oleh Mayjen TNI Doni Monardo dan Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko Pranoto, kegiatan itu diikuti oleh kelompok Pamen, Pama, Bintara, Tamtama dan PNS Kodam Kodam XVI/Pattimura serta melibatkan prajurit dari Lantamal X Ambon dan Lanud Pattimura.

Dalam amanatnya, Mayjen TNI Doni Monardo menyatakan dirinya merasa bangga bahwa Kodam XVI/Pattimura memiliki prajurit-prajurit yang terbaik, terbukti Kodam Pattimura telah menjuarai beberapa kejuaran di Angkatan Darat. Selain itu, prajurit Kodam Pattimura loyal terhadap pimpinan dan sinergitas TNI-POLRI sangat Kompak di wilayah Maluku.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh satuan jajaran Kodam XVI/Pattimura, baik segenap staf dan anggota Kodam XVI/Pattimura, yang telah mendukung pelaksanaan tugas saya selama ini," katanya.

Sementara itu, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suko menyampaikan terima kasih kepada Mayjen TNI Doni Monardo, karena pada saat akan mengemban amanah sebagai Pangdam XVI/Pattimura, telah difasilitasi untuk mendengarkan paparan para Komandan Satuan dan Perwira Staf tentang pelaksanaan program kerja Kodam XVI/Pattimura.

"Paparan yang disampaikan telah pula diawali oleh Bapak Mayjen TNI Doni Monardo dengan memberikan penjelasan singkat tentang kondisi dan situasi Kodam XVI/Pattimura. Kegiatan tersebut sangat besar manfaatnya bagi saya, sehingga saya dapat memahami keadaan dan situasi Kodam XVI/Pattimura sekarang ini," katanya.

Ia juga menyatakan penjelasan dan keterangan yang diterimanya itu tentu akan sangat membantu dirinya dalam melanjutkan program kegiatan Kodam XVI/Pattimura ke depan.

"Selanjutnya, dengan penuh rasa bangga kami mengucapkan selamat jalan dan selamat bertugas sebagai Pangdam III/Siliwangi kepada Mayjen TNI Doni Monardo. Semoga keberhasilan, kesehatan dan kesejahteraan lahir dan batin senantiasa menyertai Bapak dan Ibu sekeluarga," katanya.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017