Ambon, 24/11 (Antara Maluku) - PT Garuda Indonesia dan Pemerintah provinsi (Pemprov) Maluku menandatangani nota kesepahaman (MoU) terkait perjalanan dinas Aparatur Sipil negara (ASN). 

Penandatanganan MoU dilakukan Sekretaris Daerah Maluku Hamid Bin Thahir dengan Manager Sales and Marketing PT Garuda Indonesia cabang Ambon Agny Gallus Pratama di Ambon, Kamis.

Sekda Maluku mengatakan, industri penerbangan dalam negeri mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan, khususnya terkait permintaan jumlah penumpang

Pertumbuhan jumlah penumpang angkutan udara membuat bisnis sektor jasa transportasi udara berkembang cukup baik dan menjanjikan, sehingga perusahaan tidak segan menambah jumlah armada baru guna mencukupi permintaan jumlah penumpang yang mengalami kenaikan termasuk PT Garuda Indonesia.

"Pilihan masyarakat untuk memilih angkutan udara, karena harga yang tidak terlalu berbeda dengan sarana transportasi lainnya, bahkan waktu perjalanan ke tempat tujuan menjadi lebih efisien dan efektif," katanya.

Menurut dia, PT Garuda Indonesia sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) patut mendapat dukungan dari seluruh lapisan masyarakat, karena itu pemerintah provinsi juga sepatutnya memberikan dukungan.

"Hari ini kita melakukan kerja sama untuk mendukung tugas pemerintahan yang diwujudnyatakan dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman yang akan berlangsung selama satu tahun, pada masanya nanti MOU ini akan ditinjau dan diperpanjang sebagaimanan mestinya saat kesepakatan berakhir," ujarnya.

Hamin menyatakan, MOU ini juga memberikan manfaat bagi jajaran aparatur pemerintah daerah saat melaksanakan tugas kedinasan dan non kedinasan, dengan menggunakan sarana trasportasi udara. Salah satu manfaat khusus yang diberikan adalah potongan harga tiket sesuai klasifikasi dan tujuan penerbangan.

Pada sisi lain manfaat pemotongan harga juga diberlakukan kepada anggota keluarga.

"Kita berharap kerja sama ini dapat membantu pemerintah daerah dalam melakukan efektifitas dan efisiensi anggaran perjalanan dinas, serta meningkatkan kinerja aparatur daerah serta memberikan dukungan kepada maskapai nasional Garuda," tandasnya.

Sementara itu, Manager Sales dan Marketing Garuda Indonesia cabang Ambon Agny Gallus Pratama mengatakan, kerja sama Garuda, Citilink dan Pemprov Maluku awalnya bertujuan untuk perjalanan dinas, tetapi Pemprov Maluku meminta juga untuk perjalana pribadi.

"Dengan MOU ini seluruh ASN akan mendapatkan harga tiket yang lebih murah baik di Garuda maupun Citilink, dengan tambahan diskon lima persen, serta mengatur jadwal keberangkatan juga lebih gampang," katanya.

Ia menambahkan, pihaknya ke depan juga akan bekerja sama dengan instansi lainnya seperti Sinode GPM, karena selama ini perjalanan dinas menggunakan dana pribadi dan gereja.

"Banyak manfaat yang akan diperoleh dari kerjasama ini dengan instansi pemerintah karena perjalana dinas atau pribadi saat hari raya dapat diatur jadwal dan juga mendapatkan potongan harga, sehingga saat hari raya khususnya pelanggan dapat tetap pulang kampung," kata Gallus.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017