Ternate, 10/12 (Antara Maluku) - Pasangan Burhan Abdurahman/Ishak Djamaluddin (Bur/Jadi) akhirnya mendapat dukungan tiga partai politik (parpol) sebagai syarat untuk maju dalam pencalonan di Pilkada Malut tahun 2018 mendatang.

"Ketiga Parpol yang sudah menyatakan dukungannya yakni Partai Hanura, PKB dan PKPI," kata Ketua DPD Partai Hanura Basri Salama didampingi Ketua PKPI Malut Masrul dan Ketua DPW PBB Achmad Djabid di Ternate, Minggu.

Oleh karena itu, dengan adanya dukungan tiga parpol itu, otomatis pasangan Bur/Jadi dipastikan bisa memenuhi syarat pencalonan minimal 9 kursi di DPRD karena Hanura memiliki 4 kursi, PBB 3 kursi dan PKPI 2 kursi.

Untuk dukungan Partai Hanura terhadap Burhan Abdurahman yang juga Wali Kota Ternate itu melalui SK bernomor SKEP/B030/DPP-Hanura/XI/2017 yang ditandatangani Oesman Sapta Odang dan Sekjen Syarifuddin Sudding bersama SK yang ditandatangani Ketum PBB Prof DR Yusril Ihza Mahendra dan Sekjen Ir Afriansyah serta SK yang diteken Prof DR AM Hendropriyono dan Sekjen DR Imam Anshori bernomor 120/KEP/DPN PKPI IND/XI/2017.

Menurut dia, dengan adanya dukungan itu, rencananya Partai Demokrat dan PPP akan menyusul memberikan rekomendasinya untuk pasangan Bur/Jadi.

Apalagi, Sekretaris DPD I Partai Demokrat Fahri Sangaji telah mendorong sejumlah partai koalisi untuk mewujudkan komitmennya mendukung Wali Kota Ternate, Burhan Abdurahman pada pilkada Malut tahun 2018 mendatang.

Sejauh ini, baru Hanura, PBB dan PKPI untuk bersama-sama bertarung di pilkada dengan mendukung pasangan Bur/Jadi

Sementara koalisi PDI Perjuangan dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sepertinya sudah mengarah koalisi dan komunikasi dua partai ini bukan dilakukan pada tingkat daerah, tapi juga tingkat pusat.

Seperti diketahui, saat ini telah ada tiga bakal calon gubernur Malut yang telah mendapatkan rekomendasi dari Pengurus DPP yakni Ahmad Hidayat Mus mendapat rekomendasi Partai Golkar dengan 9 kursi, Muhammad Kasuba/Madjid Husen PKS dan PAN, Rudi Erawan/Hein Namotemo didukung Partai Nasdem dengan lima kursi di DPRD.

Sementara itu, petahana Abdul Gani Kasuba hingga kini belum mendapatkan dukungan dari satu partaipun, karena menolak dipaketkan dengan Ketua DPW PAN Malut Majid Husen, sehingga PKS mengalihkan dukungannya kepada mantan Bupati Halmahera Selatan Muhammad Kasuba yang juga adik kandungnya.

Pewarta: Abdul Fatah1

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2017