Tual, 5/1 (Antaranews Maluku) - Basarnas Kota Tual menerima bantuan satu buah kapal untuk menunjang operasi di perairan daerah tersebut dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Pantauan Antara, kapal KN SAR Bharata 242 tersebut tiba dan sandar di dermaga pelabuhan Yos Sudarso Tual, Jumat.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Ambon, Hendra Oktri mengatakan, kapal itu merupakan bantuan yang diperuntukkan dari Pusat dan ditempatkan di Tual.

"Bantuan untuk Basarnas Maluku dua unit kapal yang sama, satunya ditempatkan di Ambon dan yang satunya yakni KN SAR BHARATA ditempatkan di Tual," katanya.

Menurut Hendra, perairan Kota Tual dan Kabupaten Maluku Tenggara cukup rawan terjadi musibah laut, sehingga Basarnas saat ini menambah satu unit kapal untuk menghadapi persoalan tersebut.

Penyerahan dan peresmian kapal itu belum ditetapkan waktunya, namun akan dilakukan secepatnya oleh Basarnas Pusat.

Penempatan kapal itu juga dimaksudkan untuk peningkatan kelas Basarnas Tual dari pos menjadi kantor.

"Jika naik statusnya, maka otomatis penambahan personel peralatan akan lebih memadai, sehingga dukungan pemerintah daerah sangat dibutuhkan," kata Hendra.

Wakil Wali Kota Tual, Abdul Hamid Rahayaan saat meninjau KN SAR Bharata 242 menyatakan rasa syukur pemerintah kota atas kehadiran kapal itu, karena wilayah Tual dan Maluku Tenggara sangat membutuhkan adanya fasilitas yang memadai untuk operasi penyelamatan jika terjadi musibah.

"Adanya upaya peningkatan kelas dari Pos Basarnas Tual menjadi Kantor Basarnas Tual, kami selaku pemerintah daerah sangat menyambut positif, dan akan selalu mendukung," kata Hamid.

"Ke depan, kita akan memperhatikan kebutuhan Basarnas Tual dan berjuang bersama-sama untuk mengupayakan berbagai fasilitas pendukung, salah satunya pelabuhan Basarnas Tual," katanya menambahkan.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018