Ambon, 18/1 (Antaranews Maluku) - PT Garuda Indonesia Ambon melakukan ekspor produk perikanan Maluku dari Bandara Pattimura Ambon langsung ke negara tujuan Australia.

"Mulai Selasa (16/1) kita telah melakukan ekspor langsung produk perikanan dari Ambon ke Sydney Australia, setelah terakhir kali dilakukan di tahun 2014," kata Sales menager PT Garuda Indonesia cabang Ambon, Agny Gallus Pratama, Rabu.

Ia mengatakan, ekspor langsung perikanan dimulai dengan pengiriman sampel ikan milik PT Harta Samudera ke Sydney Australia, selanjutnya akan dilakukan pengiriman dalam jumlah besar ke Jepang.

"Pengiriman perdana ini akan diikuti dengan ekspor dalam jumlah besar ke Jepang yang akan dilakukan pekan depan. Kita akan mengundang Gubernur Maluku untuk melakukan ekspor langsung ini," katanya.

Selama ini, kata Gallus, proses pengiriman produk perikanan ke negara tujuan melalui rute Ambon-Jakarta atau Surabaya sebelum dikirim ke negara tujuan.

Banyak produk dari Maluku yang menjadi komoditi ekspor, tetapi proses pengepakan akhirnya selalu dilakukan di luar daerah sehingga nilai ekspornya menjadi miliki daerah tersebut.

"Sekarang dengan pesawat bisa langsung melalui Jakarta dan menuju ke negara tujuan, karena jika dilakukan di Makassar, Surabaya atau Jakarta harus dikemas ulang dan angka ekspornya jadi milik daerah itu," ujarnya.

Ia mengakui, proses ekspor langusng juga mendapat dukungan dari Angkasa Pura I cabang Ambon, Bea dan Cukai, Balai Karantina, Lanud Pattimura, Dinas Kelautan dan Perikanan serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

"Bea Cukai dan Karantina sudah mendukung, dipastikan proses ekspor langsung ini akan memberikan tambahan Pendapatan asli daerah (PAD) bagi kota Ambon," tandasnya.

Pihaknya juga mengembangkan "premium service" "cargo service center" (CSC) yakni pengiriman kargo jalur khusus seperti layanan penumpang kelas bisnis, serta biaya pengiriman yang murah.

Premium service` tidak berbeda jauh dengan bisnis kelas bagi penumpang, diharapkan kehadiran CSC dapat membangun sinergi dengan pemerintah daerah untuk mengembangkan hasil produksi.

"Kami terus memberikan pelayanan kargo terbaik yakni proses pengepakan bersertifikasi dan sesuai standar keamanan," kata Gallus.

Pewarta: Penina Mayaut

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018