Ambon, 9/3 (Antaranews Maluku)  Dalam rangka memperingati HUT ke-57, Kostrad, Pos 1 Pelauw SSK III Satgas Pamrahwan Yonif R 515/UTY menggelar bakti sosial pengobatan massal bagi warga, yang bertempat di Puskesmas Dusun Waimital, Kecamatan Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah.

Komandan Pos 1 Pelauw SSK III Satgas Yonif R 515/UTY dalam penyampaiannya menyebutkan, kegiatan itu merupakan wujud nyata Prajurit Kostrad yang lebih profesional bertanggung jawab dan dicintai rakyat sesuai dengan semboyan yang sedang digadang-gadang oleh Panglima Kostrad saat ini.

Kepala Dusun Waimital, Bpk.Lamonggo, mengapresiasi serta berterima kasih atas dipilihnya Desa Waimital sebagai tempat pelaksanaan kegiatan bakti sosial pengobatan massal ini.

"Kami atas nama masyarakat Dusun Waimital mengucapkan terima kasih atas dilaksanakannya kegiatan ini, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memperoleh pelayanan kesehatan yang lebih baik lagi,” ucap Kepala Dusun Waimital.

Adapun Tim Medis dari TNI berjumlah 9 orang yang di pimpin oleh Sersan Satu Abu Yazid Bintara Kesehatan Satgas Yonif R 515/UTY, yang lainnya adalah Koptu M. Anwar, Koptu Zainul Arifin, Kopda Wawan Hidayat, Kopda Fathurozi, Pratu Syahril, Pratu Mariod Hasibuan, Pratu Surya, dan Pratu Yusran, Sedangkan Tenaga Medis dari Puskesmas Waimital hanya 1 orang yaitu Ibu Bidan Ny. Adia Tualeka.

Pengobatan massal ini diikuti oleh 89 orang pasien yang terdiri  dari Pengobatan  Fllu Batuk 27 orang, Hipertensi 15 orang, Hipotensi 19 orang, ISPA 7 orang, Vertigo 9 orang, penyakit kulit 11 orang. Selain itu, dilaksanakan juga Khitan bagi anak-anak sejumlah 1 orang dengan hasil baik dan Normal.

Turut Hadir dalam kegiatan ini,  Lettu Chb Sugianto  Dantonkom Yonif R 515/UTY sebagai Perwira Pengawas Kegiatan dari Komando Taktis Satgas Pamrahwan Maluku Yonif R 515/UTY beserta Komandan Pos Wairiang Letda Inf. Tri Indra, Komandan Pos Kabaw Serma Suraji, Babinsa Waimital Sertu  Burhan, Kepala Dusun Waimital Bp. Lamonggo dan Ibu Bidan Waimilat Ny. Adia Tualeka. Kegiatan Tersebut Berlangsung dengan Tertib, Aman dan Lancar serta Mendapat Antusiasme yang tinggi dari Masyarakat setempat.

Sementara itu, Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) Yonif Raider 515 Kostrad menggelar sunatan massal gratis di Negeri Kailolo, Pulau Haruku, Kabupaten Maluku Tengah. Rabu lalu (7/3).
Personel Kostrad melaksanakan pelayanan sunatan massal (Pendam 16)

Kegiatan yang digelar dalam rangka memperingati HUT ke-57 Kostrad ini diselenggarakan oleh Pos Kabauw dan Pos Wiriang, sebagai wujud kepedulian TNI terhadap masyarakat, terutama yang berada di wilayah pelosok dan kurang mendapatkan perhatian dan fasilitas kesehatan.

Sebanyak 37 orang peserta mengikuti kegiatan ini, mereka berasal dari tiga desa, meliputi Desa Kabauw, Wairiang dan Kailolo, serta melibatkan beberapa pihak dari Puskesmas Pembantu Desa Kailolo dan Babinsa Kailolo, Sertu A. Usemahu.

Sunatan massal ini dimulai pada pukul 08.00 WIT, dengan mengerahkan enam orang tenaga medis, empat orang dari tim kesehatan Satgas dan dua orang lainnya dari Puskesmas pembantu Desa Kailolo.

Komandan Satgas Yonif Raider 515 Kostrad, Letkol Inf Syafrudin menyampaikan bahwa sunatan massal ini memang telah dipersiapan jauh hari, disamping sebagai perayaan HUT ke-57 Kostrad, juga bertujuan untuk menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekitar pos-pos yang tergabung dalam Satgas.

"Kegiatan ini sebagai salah satu bentuk kepedulian Yonif Raider 515 Kostrad terhadap masyarakat sekitar, semoga dengan adanya sunatan massal ini dapat mewujudkan kemananggulangan TNI dengan rakyat," pungkasnya.
 

Pewarta: Rofinus E. Kumpul

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018