Ternate, 31/3 (Antaranews Maluku) - Komando Distrik Militer (Kodim) 1508/Tobelo Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut) intensif mendukung peningkatan produksi padi di Halut dengan mendampingi petani dalam mencapai swasembada pangan.

Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Kav Tri Sugiarto melalui siaran pers yang diterima Antara, Sabtu, mengatakan, kegiatan ini dilakukan, di samping mempererat tali silaturahmi, juga sebagai Komunikasi Sosial dengan Kelompok Tani untuk mengajak dan menghimbau, agar lahan yang telah panen segera dipersiapkan untuk dilakukan penanaman kembali.

Hal itu sesuai dengan kesepakatan yang dilaksanakan antara Kementrian Pertanian RI dengan TNI AD yaitu percepatan dengan upaya khusus peningkatan produksi padi, jagung dan kedelai dalam mencapai swasembada pangan nasional.

Menurut dia, komunikasi sosial adalah sarana bagi Koramil dalam rangka untuk mempererat dan menjalin kerjasama antara Babinsa dan warga binaanya guna menunjang pelaksanaan tugas kewilayahannya dan Komunikasi Sosial bisa diwujudkan dengan melaksanakan kunjungan anggota Koramil khususnya Babinsa ke wilayah binaan.

Sebelumnya, Kepala BPTP Malut Ir Bram Bhramantiyo mengatakan, pihaknya meningkatkan benih dan panen padi kepada masyarakat dan mendapat tugas dari Kementerian untuk melaksanakan Sergab (Serap Gabah) dari para petani dan ada beberapa daerah yang spesifik dan penyedia dana dari PT Bank BRI dan bekerja sama dengan TNI.

"Dukungan inovasi adalah bagian dari kami, maka itu kami dipercayakan untuk melaksanakan Sergab dan inilah awal upaya untuk meningkatkan hasil panen padi," katanya.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018