Langgur, 1/5 (Antaranews Maluku) - Kementerian Keuangan melalui Direktorat Bea dan Cukai Tual menggelar "Try Out" Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara untuk 77 siswa Maluku Tenggara, Kota Tual dan sekitarnya, di Aulla SMA 2 Kei Kecil, Maluku Tenggara, Selasa.

Kegiatan itu mengambil tema Bea Cukai melakukan pemberdayaan siswa SMA, SMK, MAN melalui program Tual dan Malra menuju PKN STAN.

Kepala Bea Cukai Tual, Muhammad Anshor menyatakan, hari ini adalah try out perdana bagi 77 pendaftar untuk masuk ke PKN STAN.

"77 siswa yang mengikuti try out untuk mengikuti seleksi masuk PKN STAN berasal dari SMA SMK MAN Tual Malra, MTB maupun Ambon dan diberi lembaran kerja seperti ujian UNBK," katanya.

Ia menyatakan pihaknya ingin membuktikan bahwa Kementerian Keuangan dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai sangat peduli pada pemberdayaan siswa baik SMA, SMK dan MAN.

"Caranya dengan memberikan try out untuk meningkatkan kompotensi dan SDM yang ada di Malra, Tual dan sekitarnya," ujarnya.

Ia menyatakan kegiatan itu salah satu kontribusi Ditjen Bea dan Cukai kepada masyarakat Kepulauan Kei dan sekitarnya, terutama siswa siswi untuk dapat menjadi pegawai Kementerian Keuangan baik Bea Cukai, Pajak, Perbendaharaan Negara, dan pegawai lain di bawah kementerian.

"Tujuan utamanya, tahun depan dan seterusnya mayoritas pegawai-pegawai Kementerian Keuangan di sini didominasi putra putri asal daerah Maluku," katanya.
 
Bea Cukai Tual gelar try out seleksi masuk PKN STAN (Siprianus Yanyaan)

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Malra, Klemens Welafubun menyampaikan apresiasi kepada Bea Cukai Kota Tual yang telah membuka akses kepada lulusan SMA dan SMK serta MAN di Malra maupun Kota Tual dan sekitarnya untuk mengikuti seleksi masuk ke PKN STAN.

"Selama ini ada sekolah ikatan dinas seperti ini, namun informasinya tidak sampai ke kita. Karena itu kita bersyukur pada sikap kooperatif Bea Cukai Tual yang sudah mengkomunikasikannya," katanya.

"Pelaksanaan try out seleksi masuk PKN STAN ini merupakan dukungan kongkrit untuk lebih mempersiapkan siswa-siswi lulusan SMA SMK MAN untuk mengikuti seleksi masuk di Politeknik STAN. Ini merupakan hal yang pertama di daerah ini," katanya menambahkan.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018