Ambon, 19/5 (Antaranews Maluku) - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Maluku Tengah menyatakan, harga bawang, baik merah maupun putih di Masohi, ibu kota kabupaten setempat pada akhir pekan ini terkendali.

"Harga bawang merah saat ini Rp45.000/Kg dan bawang putih Rp35.000/Kg. Harga jenis bumbu masak ini sudah bertahan dua pekan terakhir ini," kata Kadis Perindag Maluku Tengah, Kace Pattiasina, dihubungi dari Ambon, Sabtu.

Harga bawang merah dua pekan sebelumnya Rp50.000/Kg dan bawang putih Rp40.000/Kg

Dia mengemukakan, intensif mengawasi stok bawang merah maupun putih di pasaran agar tidak meresahkan masyarakat, terutama umat Islam menunaikan ibadah Puasa.

Tim pemantau intensif memantau stok dan harga bawang merah maupun putih agar tidak dimanfaatkan oknum pedagang untuk melakukan manipulasi.

Stok bawang merah maupun putih saat ini di pasar tradisional cukup banyak sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

"Kami intensif memantau stok agar berkoordinasi dengan distributor untuk memasoknya, baik dari Surabaya maupun Makassar karena mempertimbangkan kebutuhannya secara nasional saat Bulan Suci Ramadan 1439 Hijriah," ujar Kace.

Para distributor juga mempersiapkan stok di masing - masing gudang yang terjamin karena bawang merah maupun putih pemasokannya dari sentra produksi di Surabaya maupun Makassar membutuhkan waktu mengingat diangkut dengan kapal.

"Kami sering mengingatkan distributor soal kebutuhan bawang nasional sehingga pengadaannya harus diperhatikan agar tidak meresahkan masyarakat Maluku Tengah saat membutuhkan untuk berbagai kebutuhan," kata Kace.

Disinggung telur, dia menjelaskan, cukup tersedia dan masyarakat hendaknya tidak membeli dalam jumlah berlebihan.

Harga telur dijual Rp55.000 per rak (30 butir) dan Rp2.000/butir.

Pewarta: Alex Sariwating

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018